Bos AIL Pimpin Demokrat

0
573

Kalahkan Adil di Arena Muscab


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Seperti diprediksi sebelumnya, Michael Edy Hariyanto terpilih sebagai ketua DPC Partai Demokrat (PD) Banyuwangi periode 2012-2017. Bos Alam Indah Lestari (AIL) itu unggul atas bakal calon  incumbent, Adil Achmadiyono.

Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) PD II di Hotel Berlian Abadi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro kemarin, Michael mendapat dukungan 19 suara dari 27 suara yang diperebutkan. Jadi, Adil hanya memperoleh delapan suara. “Hidup Michael. Partai Demokrat akan semakin berkibar,” teriak para pendukung Michael setelah jagonya dinyatakan menang dalam muscab.

Pantauan koran ini di arena muscab menyebutkan, Michael yang juga ketua DPC Indonesia Bisa Banyuwangi itu sudah terpilih sejak masa pencalonan. Sesuai tata tertib (tatib), bakal calon (balon) yang bisa maju dalam pemilihan minimal mendapat dukungan 12 suara. “Yang mendapat dukungan  12 suara hanya Michael Edy Haryanto,” cetus ketua pimpinan sidang, Syamsul Bahara, dari DPP PD.

Sesuai tata tertib, jelas Syamsul, karena yang mendapat dukungan 12 suara hanya Michael, maka secara otomatis dia ditetapkan sebagai ketua DPC PD Banyuwangi yang baru untuk masa bakti lima tahun ke depan. “Setelah menimbang, memperhatikan, dan menetapkan saudara Michael Edy Hariyanto sebagai ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi,” kata sekretaris sidang, Fatkhul Hadi, saat membacakan surat keputusan (SK) hasil Muscab PD II.

Muscab PD II yang digelar di Hotel Berlian Abadi kemarin berlangsung sangat cepat. Pesta demokrasi partai berlambang Mercy yang dibuka Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, itu dimulai sekitar pukul 10.00 dan berakhir pukul 13.00. “Semua memang kita percepat,” kata Hartoyo dari DPD PD Jatim. Meski berlangsung cepat, muscab tetap menggelar rangkaian kegiatan, seperti pembahasan tatib dan sidang komisi.

Tidak lupa, mereka juga mendengar laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus lama yang diwakili ketua DPC PD Banyuwangi, Adil Achmadiyono. “Lima tahun sudah banyak keberhasilan yang kita raih,” kata Adil saat menyampaikan LPJ. Menurut Adil, sebelumnya PD di DPRD Banyuwangi hanya
memiliki lima kursi. Di masa kepemimpinannya, jelas dia, suara tersebut naik menjadi 10 kursi. “Berkat kerja sama semua pengurus, suara PD bisa naik 100 persen,” ungkapnya.

Keberhasilan lain yang juga diraih pada masa kepemimpinannya adalah mendulang suara yang cukup banyak untuk pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Pakde KarwoGus Ipul) hingga akhirnya terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur. “Pakde Karwo akhirnya terpilih menjadi gubernur,” sebut Adil dengan nada bangga.

Pada masa kepemimpinan Adil Achmadiyono, perkembangan PD Banyuwangi cukup pesat. Selain mendudukkan 10 wakil di DPRD Banyuwangi, juga berandil besar dalam menyumbang suara di wilayah daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo. Pada pemilihan legislatif 2009 lalu, di dapil III ini PD berhasil menempatkan satu kader di DPRD provinsi, dan dua kader di DPR RI.

“Ini tentu prestasi yang cukup membanggakan bagi kita semua,” kata Adil saat membacakan LPJ. Menanggapi LPJ yang disampaikan Adil, seluruh peserta muscab yang terdiri atas 24 pengurus anak cabang (PAC) bisa menerima tanpa ada catatan. (radar)

Windows 7 Loader