BPBD: Lahan Bawang Putih Sebabkan Banjir Bandang di 3 Desa

0
1319


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Hutan gundul di lereng Kawah Ijen Banyuwangi yang di tanami bawang putih terus memicu terjadinya banjir bandang. Tanaman bawang putih tersebut berada di lahan milik PT Lidjen seluas 84 Hektar di Desa Tamansari Kecamatan Licin.

Sementara total luas lahan yang ada sebanyak 108 Hektar. Sedangkan 24 Hektar sisanya merupakan lahan irigasi. Banjir bandang yang terjadi hingga kedua kalinya tersebut, menyebabkan banjir besar yang melanda 3 desa yakni Desa Tamansari Kecamatan Licin, Desa Kampung Anyar Kecamatan Glagah dan Desa Bulusari Kecamatan Kalipuro.

Bahkan, sungai Kalibendo yang sebelumnya bersih, langsung terlihat kotor. Banjir pertama terjadi pada Minggu (3/12) dan banjir kedua terjadi pada Minggu (17/12), yang saat itu di wilayah Banyuwangi terjadi hujan cukup deras dengan jangka waktu lebih dari 2 jam. Namun volume banjir pertama lebih besar di bandingkan bencana banjir yang kedua, sehingga merusak lahan pertanian di 3 desa tersebut.

Meskipun tidak sampai menggenangi pemukiman penduduk, namun banjir bandang tersebut membawa material berupa lumpur serta batang pohon.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last