DPRD Beri Sinyal Positif

0
241

BANYUWANGI – Meski pemkab belum mengajukan secara resmi proposal tambahan ang-garan untuk perbaikan jalan menuju Gunung Ijen melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2012 sebesar Rp 4 miliar. Tetapi, pihak le-gislatif sudah menunjukkan sinyal positif. Pasalnya, perbaikan jalan menuju salah satu objek wisata andalan Bumi Blambangan tersebut diyakini akan mendatangkan multiplier effect positif terhadap masyarakat Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dikonfirmasi kemarin (12/7), Wakil Ketua DPRD Ba nyuwangi, Ruliyono mengatakan, saat me ngikuti rapat paripurna jawaban bupati terhadap pandangan umum (PU) fraksi atas diajukannya raperda (rancangan peraturan daerah) reklame Selasa lalu (10/7), Bu pati Abdullah Azwar Anas sempat menyampaikan rencana pengajuan proposal tambahan anggaran perbaikan jalan menuju Gunung Ijen.

“Salah satu tujuannya adalah mempersiapkan eventolahraga Tour de Ijen,” ungkapnya. Menurut Ruliyono, sebelum menyetujui proposal itu, kalangan dewan harus meneliti kesiapan keuangan yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi, termasuk meneliti apakah ada pro gram pembangunan yang lain yang lebih urgentuntuk di lak sanakan tahun ini. “Kalau (perbaikan jalan menuju Ijen) sangat dibutuhkan, kenapa tidak (disetujui).

Tetapi, kami ha rus musyawarah dulu tentunya,” ujarnya. Tanggapan senada dilontarkan Ke tua Komisi IV DPRD, Zainal Ari fin Salam. Dikatakannya, sam pai kemarin proposal tam-ba han anggaran perbaikan ja-lan menuju Gunung Ijen belum masuk meja DPRD. “Kalau sudah masuk, akan kita bahas melalui proses yang berlaku,” kata dia.

Menurut Arifin, jika memang ke mampuan keuangan Banyuwangi cukup untuk mere-ali sasikan proposal itu, maka akan dialokasikan pada PAK 2012. Sebab, menurut dia, jika kon disi jalan menuju Gunung Ijen sudah “mulus”, tentu akan meningkatkan minat wisatawan berwisata ke Gunung Ijen. “Selama ini yang dikeluhkan wisatawan adalah buruknya ak ses jalan,” paparnya.

Nah, jika kunjungan wisatawan meningkat, imbuh Arifin, maka akan menimbulkan multiplier effectbagi masyarakat. “Peningkatan kunjungan wisatawan tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Seluruh industri yang berkaitan dengan pariwisata juga akan merasakan dampak positif,” pungkasnya. (radar)

Loading...