Gandrung Sewu Banyuwangi diundang Presiden Jokowi ke Surabaya

0
726

BANYUWANGI – Sebanyak 800 penari gandrung mendapat kehormatan tampil di hadapan Presiden RI Joko Widodo pada Peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Korpri ke-44 di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya 30 November 2015 mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pemberangkatan ratusan penari itu dilakukan oleh Sekkab Banyuwangi, Slamet Kariyono didampingi Kadispendik Sulihtiyono dari depan Stadion  Diponegoro kemarin (26/11).  Sekadar diketahui, penampilan Gandrung Sewu pada HUT  Korpri ini merupakan pilihan langsung oleh Jokowi.

Sebelumnya Pemprov Jawa Timur mengajukan beberapa pilihan kesenian tradisional unggulan dari berbagai daerah, namun yang  disetujui Presiden adalah Gandrung  Sewu dari Banyuwangi.  Tarian kolosal Gandrung Sewu  ini akan melibatkan tak kurang  800 penari, yang terdiri dari  siswa Sekolah Dasar (SD) hingga  Sekolah Menengah Atas (SMA),  serta para penari profesional dari sejumlah sanggar tari di Banyuwangi.

Peringatan HUT Korpri ke 44 tersebut akan diikuti  oleh 10.000 orang, yakni  anggota Korpri se Jawa Timur  serta perwakilan dari berbagai  Dewan Pengurus Korpri Provinsi  se Indonesia. Presiden Jokowi diagendakan menjadi Inspektur Upacara HUT Korpri dengan Komandan Upacara Menteri PAN-RB.

Loading...

Selain  Tari Gandrung, HUT Korpri  juga akan dimeriahkan drum band dari Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  serta drum band dari Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan  (ATKP) Surabaya. Sekkab Slamet Kariyono mengatakan,  rombongan para penari gandrung sewu berangkat  pukul 10.00 dengan menggunakan  15 bus menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2