Ijen-Baluran Jadi Kawasan Wisata Nasional

0
601

BANYUWANGI – Lonjakan wisata yang datang ke Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran dalam lima tahun terakhir menarik perhatian pemerintah pusat. Berdasar data  Dinas Pariwisata Pemprov Jatim, ada sekitar 2 juta wisatawan yang mengunjungi dua  destinasi wisata tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kabid Perencanaan Destinasi Wisata,  Kementerian Pariwisata RI, Harwan Eko   Cahyo, menjelaskan wisata Ijen dan Baluran tersebut sangat strategis, baik posisinya di  Pulau Jawa maupun terkait hubungan konstelasi dengan Bali.

Berdasar PP N0 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 hingga 2025, Ijen dan  Baluran masuk urutan ke-70 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional  (KSPN) dari 88 kawasan sejenis.

Oleh karena itu, dua objek tersebut akan dikembangkan pemerintah pusat dengan kerja sama kementerian terkait serta pe merintah provinsi dan kabu paten.  Tujuannya, agar pembangunan dua lokasi wisata itu tidak lagi terpaku  kepada batas administratif daerah.

Seperti Ijen yang selama ini diperebutkan Banyuwangi dan Bondowoso atau Baluran yang samasama menjadi objek wisata andalan Situbondo dan Banyuwangi.  Tiga kabupaten itu, menurut Harwan, harus berintegrasi mengembangkan kedua kawasan  tersebut demi kepentingan bersama.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last