Mantan Wakapolri Jelajahi Alas Purwo

0
805


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Lima kendaraan perang era Perang Dunia II mampir di halaman Mapolres Banyuwangi kemarin (24/2).  Jangan kaget dulu, kedatangan lima kendaraan militer jadul itu bukan dalam rangka menggelar perang di Banyuwangi,  melainkan dalam agenda jelajah hutan dan kegiatan promosi wisata alam di kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini.

Rombongan jelajah itu berasal  dari Jeep Willys Club Indonesia.  Mantan Wakapolri Komisaris Jenderal (Purn) Drs. Nanan Soekarna ikut dalam rombongan  yang berjumlah sepuluh orang tersebut. Ternyata kedatangan  Nanan dan rombongan ke Bumi  Blambangan sudah berlangsung beberapa hari lalu.

Dua tempat wisata alam yang  dikunjungi adalah Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen.  Usai blusukan ke hutan, rombongan Jeep Willys tersebut  mampir di Sanggar Genjah Arum,  Desa Kemiren, Kecamatan Gla gah. Usai salat Jumat kemarin, rombongan berencana melanjutkan perjalanan menuju Taman  Nasional Alas Purwo (TNAP).

”Kita sudah tujuh kali ke Banyuwangi, tidak ada yang tahu kan sebelumnya. Dari Alas Purwo  kita akan balik ke Jakarta lagi,”  ujar Nanan Soekarna kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.  Dijelaskan, kegiatan yang dilakukan rombongan Jeep Willys  tersebut bukan sekadar menyalurkan hobi. Lebih dari itu, mereka  ikut mempromosikan potensi alam Banyuwangi kepada khalayak.

”Banyuwangi sangat menarik  dan perlu kita ekspose juga wisata alamnya,” puji jenderal yang juga  sebagai ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) tersebut.  Kegiatan yang dimotori mantan wakapolri itu bertujuan menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat.

Harapannya, dengan semakin banyak orang yang suka mobil-mobil jadul tentu akan ikut menggerakkan ekonomi kecil di bawahnya. ”Kalau saja mobil tua kita rawat, pasti bengkel  dan penjual spare part akan hidup. Itu tentu akan mengembangkan ekonomi kreatif di  masyarakat,” tandas alumnus  terbaik Akpol 1978 itu.

Nanan berpesan kepada seluruh komunitas otomotif agar tidak sekadar menyenangkan diri sendiri dalam menyalurkan hobi.  Dia juga meminta agar setiap komunitas juga ikut menyenangkan orang lain dengan cara  rutin melakukan kegiatan sosial di setiap agenda touring yang  dilakukan komunitas otomotif  di Indonesia.

”Sambil touring  kita harus saling berbagi. Yang untung bukan yang kita beri saja,  kami juga untung karena mendapatkan pahala di akhirat,” pungkasnya. Sementara itu, kedatangan rombongan mantan wakapolri itu disambut baik Kapolres Banyuwangi, AKBP Agus Yulianto.

Tampak kapolres dan jajaran  perwira di Polres Banyuwangi  mendampingi purnawirawan Polri yang juga pernah menjabat sebagai Kadiv Humas Polri periode 2009-2010 itu. Usai salat Jumat, rombongan Jeep Willys meninggalkan  Mapolres menuju TNAP di Tegaldlimo. (radar)

Loading...

Baca Juga :