Jalan Sehat Naikkan Partisipasi Pemilih

  • Bagikan

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi  melanjutkan kegiatan jalan sehat untuk lebih  mengenalkan  hajatan Pemilihan Bupati  dan Wakil Bupati (Pilbup)  Banyuwangi 2015. Setelah pekan
lalu menggelar kegiatan serupa  di Daerah Pemilihan (Dapil)  Banyuwangi V, KPU melanjutkan kegiatan yang sama di Dapil  Banyuwangi IV di Kecamatan  Gambiran kemarin (8/11).

Tidak tanggung-tanggung, peserta jalan sehat kali ini mencapai seribu orang lebih. Selain  dari unsur Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sewilayah Dapil IV, jalan sehat kemarin juga diikuti kalangan pelajar dan anggota Persatuan  Guru Republik Indonesia (PGRI)  se-Kecamatan Gambiran.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU,  Jamaludin mengatakan, jalan sehat  kemarin merupakan salah satu upaya KPU untuk semakin meningkatkan  gaung Pilbup. “Tujuannya  agar tingkat partisipasi pemilih meningkat,” ujarnya.

Selain di Dapil V dan Dapil IV,  KPU juga bakal menyelenggarakan  jalan sehat serupa di tiga dapil yang lain. Jalan sehat di  dapil Banyuwangi III dijadwalkan  berlangsung 15 November,  di dapil Banyuwangi II dilaksanakan  22 November, dan di  dapil Banyuwangi I pada 29 November.

“Gong perhelatan jalan sehat ini dipusatkan di dapil Banyuwangi I yang akan diselenggarakan di Kecamatan Banyuwangi,” cetusnya. Sementara itu, catatan Jawa Pos Radar Banyuwangi, tingkat  partisipasi pemilih pada empat pemilu sebelumnya terus  menunjukkan tren meningkat.

Pada Pilbup 2010, partisipasi pemilih sebesar 61,26 persen. Sedangkan pada Pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur  (Pigub) Jatim 2013, partisipasi  pemilih meningkat menjadi  sebesar 63,55 persen. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: