Jelang Lebaran, Polisi Perketat Penjagaan Toko Emas dan Bank di Banyuwangi

0
299
Foto: kabarjawatimur

BANYUWANGI – Dengan bersenjata laras panjang SS1-V2 tipe serbu, personil Satuan Samapta Bhayangkara (Satsabhara) Polres Banyuwangi menggelar patroli di Pasar Induk Banyuwangi, Senin (27/5/2019). Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Target pengamanannya adalah pedagang dan pembeli perhiasan emas yang ada di pusat kota. Aparat juga ingin memberi rasa aman dan nyaman kepada warga yang datang ke Mall Pelayanan Publik, pengunjung Masjid Agung Baitur Rohman serta pusat perbelanjaan.

“Kegiatan pengamanan tersebut seiring meningkatnya masyarakat membeli perhiasan di Toko Emas,” ucap Kasat Sabhara Polres Banyuwangi, AKP Basori Alwi seperti dilansir dari kabarjawatimurcom.

AKP Basori mengatakan, emas dan perlengkapan lebaran menjadi barang yang banyak diburu oleh warga. Meningkatnya transaksi perhiasan ini yang menjadi salah satu perhatian khusus aparat Kepolisian

“Patroli keramaian digelar sepanjang pagi, siang dan malam serta untuk persiapan buka puasa dan Idul fitri,” kata AKP Basori.

“Termasuk toko emas dan perbankan yang rawan kejahatan. Tiap hari ada petugas yang jaga di sekitar pasar,” imbuhnya.

Dengan kehadiran polisi berseragam diharapkan dapat membatalkan niat jahat pelaku kriminal. Dan warga tidak takut berbelanja sambil membawa uang banyak.

“Kami jamin aman karena aparat selalu siaga menggelar patroli pasar. Apalagi lokasi toko emas di Pasar Banyuwangi dekat dengan Pos Pengamanan Lebaran,” jelasnya.

Supaya terhindar dari sasaran pelaku kriminal, warga yang hendak membeli perhiasan emas dan membawa uang dalam jumlah besar diminta hati-hati. Disarankan agar dompet disimpan di lokasi aman sehingga tidak menggoda pelaku kejahatan.

“Emas yang dibeli tak usah ditampakkan secara berlebihan. Begitupun dengan uang yang hendak digunakan sebagai alat pembayaran. Keluarkan seperlunya saja,” tegasnya.

Pemilik usaha toko emas juga diminta waspada dari aksi pencurian dan perampokan. Setiap transaksi agar dipantau secara cermat agar kasus pencurian emas oleh calon pembeli tak terjadi.

Pemilik toko diimbau untuk memasang CCTV agar saat terjadi aksi tindak pidana mudah dalam melakukan penelusuran. Perlu juga dipasang alarm sehingga ketika terjadi pengutilan emas dapat difungsikan sebagai penanda.

Loading...

There were no listings found.