Kanggi, Oleh-Oleh Keren Khas Banyuwangi

0
1031
BUAH TANGAN: Bupati Anas didampingi tim Bekmf dan pelaku UMKM menyerahkan Kanggi kepada _Ketua DPRD l Made Cahyana Negara usai parigumçz penandatçanganan kesepakatan KUA-PPAS 2018Jumç3 lalu (10/11).
Bupati Anas didampingi tim Bekraf dan pelaku UMKM menyerahkan Kanggi kepada Ketua DPRD l Made Cahyana Negara usai paripurna penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS 2018 Jumat lalu (10/11).

BANYUWANGI – Dunia pariwisata Banyuwangi mendapat energi baru. Kali ini, tujuh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkolaborasi “menelurkan” produk oleh-oleh khas Bumi Blambangan, yakni Keranjang Rasa Banyuwangi alias “Kanggi”.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Para pelaku ekonomi kreatif Banyuwangi tersebut sebelumnya mendapatkan pendampingan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) selama empat bulan.  Lewat program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon) dari Bekkraf, mereka diinkubasi untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk. Sedangkan UMKM yang terlibat terdiri dari lintas sektor. Mulai batik, souvenir, makanan, hingga produk kopi.

Salah satu UMKM tersebut adalah Batik Godho. Pemilik UMKM Batik Godho Firman Sauqi mengatakan, sangat beruntung terlibat kolaborasi bersama rekan UMKM lainnya. “Teman- teman dari Bekraf ini memberikan wawasan baru hingga membuka pikiran kami untuk mengembangkan produk.

Awalnya saya pikir apa yang kami lakukan di Banyuwangi sudah bagus, tapi ternyata begitu banyak aspek yang masih bisa ditingkatkan dari batik kami. Mulai desain motif, pewarnaannya, dan ragam produk kreasi kami jadi lebih berkembang,” kata Firman.

Kolaborasi dengan Bekraf tersebut, kata Firman dilakukan dengan banyak diskusi dan eksperimen. Maklum saja, tim Ikkon Bekraf sendiri terdiri 12 profesional dari lintas profesi dan subsektor, seperti desain komunikasi visual desain tekstil, desain fashion, hingga busines advisor.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last