Beranda Budaya Kebo-keboan Agar Panen Melimpah

Kebo-keboan Agar Panen Melimpah

0
674

SINGOJURUH-Upacara ritual Kebo-keboan yang digelar  berlangsung meriah kemarin  (25/10). Ribuan warga yang datang dari berbagai daerah di Kota Gandrung, tumplek-blek di lokasi  yang padat penduduk itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sebelum ritual itu dilaksanakan, salah seorang penonton  mendadak kesurupan dengan mengerang  dan berguling-guling di jalan simpang empat yang ada di kampung itu. Para penonton lain yang berjubel menanti Kebo-keboan datang,  langsung semburat.

Penonton yang kesurupan itu, diduga mengambil  poro bungkil (sejumlah hasil bumi) yang ada di  gapura. Padahal, rombongan Kebo-keboan dan Dewi Sri yang diperankan warga belum melintas. “Kami mohon penonton tidak mengambil, apalagi  merusak gapura poro bungkil yang terpasang, sebelum dilewati Kebo-keboan,” cetus Sarpin, salah  satu panitia melalui pengeras suara.

Upacara adat Kebo-keboan di Desa Alas Malang,  ini dimulai sekitar pukul 10.00. Tapi, sejak pukul 06.30 sejumlah penonton sudah banyak yang berdatangan.  Malahan, mereka juga rela menunggu meski terik matahari yang cukup panas.

Kerumunan massa mendadak berlarian setelah  25 pasang warga yang berdandan layaknya kerbau, datang sambil menyeruduk warga yang memenuhi  rute jalan ider bumi. Dengan tetap dikendalikan petani, kerbau jadi-jadian itu terus berjalan mengelilingi empat penjuru batas dusun.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

error: Uppss.......!