Beranda Budaya Penonton Keboan Kesurupan

Penonton Keboan Kesurupan

0
656

ROGOJAMPI – Tradisi keboan di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi berlangsung meriah, kemarin. Ribuan warga tumplek-blek di sepanjang jalan desa dan halaman kantor Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, kemarin (18/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ritual keboan diawali dengan kenduri desa yang digelar sehari sebelumnya. Warga bergotong royong mendirikan sejumlah gapura dari janur yang digantungi hasil bumi di sepanjang jalan desa sebagai perlambang kesuburan dan kesejahteraan.

Esok paginya,  Minggu Pagi (18/10), warga kembali menggelar selamatan di empat penjuru desa yang diikuti oleh seluruh warga yang sudah hadir. Usai doa dipanjatkan, warga sarapan pagi bersama. Siangnya tradisi keboan digelar.

Satu persatu warga setempat mendadak kesurupan lalu menceburkan diri ke dalam kubangan lumpur yang telah dipersiapkan oleh panitia. Byuur….sontak penonton yang sebelumnya tenang, mendadak tegang bercampur rasa takut menyusul mulai banyaknya warga setempat yang kesurupan.

Mereka bertingkah layaknya kerbau. Ada yang berguling-guling di jalan dan menceburkan diri ke dalam lumpur.  Warga yang bertingkah layaknya kerbau lantas berkeliling desa dengan diiringi gamelan musik khas Banyuwangi.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!