Lalare Orkestra sebagai Pembuka

  • Bagikan

SEMENTARA itu, selain dari segi tema yang menyebabkan beda dengan sebelumnya, ada lagi yang berbeda dalam Festival Gandrung Sewu  tahun ini. Lalare orkestra yang merupakan grup musik tradisional anak-anak Banyuwangi itu juga tampil dalam perhelatan agenda tahunan tersebut.

Lalare orkestra akan tampil sebagai musik pembuka dalam Festival Gandrung Sewu 2015. Plt. Kepala Disbudpar Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda menuturkan adanya lalare orkestra itu memang membuat beda dengan Festival Gandrung Sewu dengan tahun-tahun sebelumnya.

Lalare Orkestra yang bertindak sebagai musik pemuka Gandrung Sewu ┬áhari ini akan menyajikan dua buah lagu, yakni Pantai Boom dan Gandrung Sewu. “Lalare orkestra sebagai opening,” kata Bram. Bram menambahkan, Lalare orkestra merupakan jawaban atas kekhawatiran pemerintah akan hilangnya penabuh musik tradisional Banyuwangi.

Mayoritas personel lalare orkestra yang merupakan anak-anak adalah sebuah harapan bagi pemerintah dan masyarakat Banyuwangi bahwa pemusik tradisional Banyuwangi tidak akan habis. “ini adalah bibit- bibit penabuh yang kita miliki, tambahnya.

Sekadar diketahui, lalare Orkestra merupakan grup musik tradisional binaan Dewan kesenian Blambangan (DKB). LaIare orkestra ini bisa dijadikan wadah baru bagi anak-anak Banyuwangi untuk menggeluti dan melestarikan musik tradisional yang dianggap mulai ditinggalkan. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: