Ombak Tinggi, Nelayan Lempar Jangkar

0
166

MUNCAR – Baru saja memulai aktivitas  melaut, sebagian nelayan di perairan Muncar harus melempar jangkar lagi. Sebab, ombak mendadak tinggi yang di sertai arus laut yang cukup kuat kemarin (9/1). Dengan cuaca yang tidak bersahabat  itu, sangat berbahaya bila nekat melaut.

Para nelayan, kini memarkir perahu dan kapal di pelabuhan. Tingginya ombak, perahu dan kapal terlihat terombang- ambing. “ Sudah dua hari ini ombak besar dan arus kuat, air laut juga sampai  masuk ke kapal,” ungkap Arifin, 56, salah  seorang nelayan Muncar.

Menurut Arifin, ombak laut yang terjadi dua hari ini tingginya mencapai empat meter, dan itu sangat membahayakan perahu dan kapal nelayan. “BMKG telah mengingatkan para nelayan berhati-hati saat mencari ikan di laut karena ombak tinggi hingga mencapai  empat meter,” katanya.

Gara-gara ombak besar itu, terang dia, para nelayan yang baru memulai kerja  untuk sementara harus istirahat lagi. Kesempatan istirahat itu, digunakan untuk memperbaiki jaring dan kapal jika ada kebocoran. “Jika memaksi melaut,  juga sangat berbahaya,” cetus Saihu, 41,  nelayan lainnya.

Ombak yang cukup besar di perairan Muncar itu, ada dua kapal tanker berhenti sambil menunggu cuaca di Samudera Hindia betul-betul normal. “Cuaca masih belum bersahabat,” kata Ketua Pokmaswas  Rani, Tukimin yang memantau melalui komputer dan jaringan radio. (radar)

Loading...