Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Parpol dan Caleg Akan Gelar Doa Bersama

Sebelum Start Kampanye Terbuka

BANYUWANGI – Jelang dimulainya kampanye terbuka partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 pada 16 Maret mendatang, pemerintah daerah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar doa bersama nanti malam (7/3). Doa bersama itu akan digelar di Pendapa Shaba Swagata Blambangan yang akan dihadiri semua stakeholder pemilu. Dalam kegiatan doa bersama itu, semua caleg DPR, DPD RI, DPRD Jatim, dan DPRD Banyuwangi, akan dihadirkan untuk melakukan doa bersama.

Selain itu, semua pimpinan parpol, forpimda, forpimka, pimpinan SKPD, tokoh lintas agama, KPU, dan Panwaslu juga akan hadir mengikuti kegiatan itu. Kegiatan itu digelar dalam rangka mendoakan Indonesia, khususnya Banyuwangi, agar tetap aman dan damai menjelang pelaksanaan kampanye dan Pemilu 2014 mendatang. Meski terjadi persaingan sangat ketat antara parpol dan caleg, diharapkan Banyuwangi tetap aman, damai, dan warganya tetap rukun walau ada perbedaan politik.

“Pemilu aman dan damai merupakan dambaan kita bersama. Melalui kegiatan itu, kita berdoa bersama semoga Allah mengabulkan keinginan kita semua,” ungkap Kepala Bakesbangpol, Iskandar Aziz. Untuk menghadirkan beberapa stakeholder pemilu itu, KPU dan Pemkab Banyuwangi berbagi tugas. Khusus jajaran SKPD, camat, dan tokoh lintas agama, pemerintah daerah yang mengundang. Khusus caleg DPR, DPD RI, DPRD Jatim, dan DPRD Banyuwangi, KPU yang menghadirkan.

Khusus jajaran kapolsek, polres diminta bantuan menghadirkannya. Begitu pula jajaran Danramil, pihak Kodim 0825
diminta mengundang mereka. “Undangan caleg akan kita sampaikan kepada pengurus partai masing-masing. Kita akan minta partai menghadirkan semua caleg di semua tingkat,” kata Ketua KPU, Syamsul Arifi n. Sedianya, KPU telah merancang acara doa bersama itu digelar setelah pelaksanaan kampanye terbuka.

Namun, karena ada surat edaran KPU yang melarang KPU menggelar acara selama masa kampanye, KPU menggelar doa bersama lebih awal dengan menggandeng pemerintah daerah. “Selama hari tenang partai dan KPU tidak boleh menggelar acara apa pun. Dalam hari tenang tidak boleh ada pengerahan massa,” tambah Ketua Pojka Kampanye KPU, Irfan Hidayat. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE