Pasar Pariwisata Dipuji Mendag Lembong

0
627

BANYUWANGI – Ide kreatif Banyuwangi menata pasar tradisional menjadi pasar rakyat yang tertata, bersih dan nyaman, mendapat apresiasi Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Thomas Trikasih Lembong. Apresiasi Lembong itu disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan pasar pariwisata (eks pasar Sobo), Sabtu lalu (10/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam kunjungan tersebut  Mendag Lembang melihat langsung proses pembangunan dan  revitalisasi Pasar Sobo. Pasar  ini tengah direvitalisasi menjadi  pasar pariwisata dan terminal terpadu. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang selain menjual kebutuhan pangan rakyat sehari—hari, juga akan menyediakan kerajinan lokal  yang dilengkapi dengan terminal  pariwisata sehingga membuka peluang untuk lebih banyak  lagi konsumen yang datang.

Pasar ini mulai dibangun sejak awal 2015 menggunakan desain  arsitek nasional Andra Matin,  pasar ini akan dibangun menjadi  pasar modern dengan konsep  go green. Berlantai empat,  lantai dasar untuk area parkir,  musala dan toilet, dan perkantoran  agen travel.

Lantai I, untuk  los-los pedagang yang disediakan  untuk 90 pedagang. Sedangkan lantai II dan III, untuk dormitory. Pembangunan pasar pariwisata  berada di atas lahan 7.000 meter persegi, dan berada di  pintu gerbang masuk kota Banyuwangi.

Awalnya pasar ini terkesan kotor dan tak teratur.  Pedagang pun juga bervariasi  di sini, mulai pedagang klontongan, pasar burung, barang elektronik, hingga tempat permainan biliar. Pemkab Banyuwangi memutuskan  untuk merevitalisasi pasar ini pada awal tahun ini kembali ke fungsinya sebagai  pasar rakyat tradisional.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last