Pelabuhan Ketapang Kembali Normal

0
325
Kendaraan roda dua keluar dari kapal di Dermaga MB 1 Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang, Banyuwangi.

KALIPURO – Arus kendaraan yang ada di pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, dipastikan normal siang kemarin (8/7). Arus lalu lintas pengguna jasa penyeberangan terlihat lancar serta tidak terlihat penumpukan kendaraan di area pelabuhan Ketapang.

Loading...

Dari data yang diperoleh Jawa Pos Radar Bangyuwangi dari bagian operasional PT ASDP Ketapang kemarin, jumlah Kapal Motor Penumpang (KMP) yang beroperasi sebanyak 30 unit.

Sedangkan jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang ke Pulau Bali sebanyak 37.223 orang  kemarin. “Penumpang ini kebanyakan dari turis asing tidak seperti arus mudik kemarin yang didominasi  oleh warga luar dari Banyuwangi,”  ungkap Djafar, Koordinator Lapangan  PT. ASDP Ketapang.

Sedangkan untuk pengguna kendaraan roda dua terdata sebanyak 4.609 unit yang menyeberang ke Bali. “Jumlah pengendara roda dua sudah normal dan tidak ada lonjakan lagi,” ujar Ardhi Ekapaty, Manajer Operasional PT. ASDP Ketapang.

Kendaraan roda empat yang menyeberang tercatat berjumlah 5.106 unit yang menyeberang ke pelabuhan Gilimanuk pada siang kemarin (8/7). Sedangkan keadaan di pelabuhan Gilimanuk, jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang sebanyak 24.777 orang. Kendaraan  roda dua yang menyeberang dari Bali ke Jawa sebanyak 1.320 unit.

“Untuk lalu lintas arus kendaraan dari Gilimanuk tergolong sepi, tidak terlalu padat,” papar Ardhi. Kendaraan roda empat tercatat berjumlah 4.123 unit dari Bali menuju Jawa kemarin. “Tidak ada peningkatan jumlah kendaraan. Untuk kendaraan muatan berat tetap dialihkan ke pelabuhan Landing Craft Machine (LCM),” tandas Ardhi. (radar)

loading...