Penyu kian Populer Jadi Ikon

0
181

penyuBANYUWANGI – Ribuan sepeda hias melakukan pawai keliling di seputar kota Banyuwangi siang kemarin (19/8). Pawai sepeda hias yang diikuti pelajar SD dan SMP tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69. Yang menarik, beberapa rombongan peserta mulai menampilkan replika penyu. Tren pemasangan replika satwa dilindungi itu semakin menguatkan penyu sebagai ikon kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Apalagi, dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia, ternyata enam di antaranya berada di Indonesia. Yang lebih hebat lagi, dari enam jenis penyu di Indonesia, empat di antaranya bisa ditemui di Kabupaten Banyuwangi. Bahkan, dari tiga lokasi penangkaran penyu di Pulau Jawa, dua di antaranya masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi. Belum lagi penyu yang mendarat di luar kawasan konservasi atau di pesisir dekat permukiman warga. Misalnya penyu kerap mendarat di Pantai Cemara Udang, Pakis Rowo; Pantai Boom; Pulau  Santen; dan beberapa lokasi lain.

‘’Makanya kami menampilkan replika penyu dalam pawai kali ini,’’ ujar Lina Kamalin MPd, salah satu pendamping kontingen pawai sepeda hias SDN Model Banyuwangi. Sementara itu, pawai sepeda hias kali ini start di depan kantor Pemkab Banyuwangi pukul 13.00. Selanjutnya, mereka menyusuri rute Jalan A. Yani, Jalan dr. Sutomo, Jalan dr. Wahidin, Jalan Piere Tendean, Jalan MT. Haryono, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Brigjen Katamso, dan finis di depan kantor Camat Banyuwangi.

”Ada beberapa gugus sekolah dasar dan lima SMP yang mengikuti pawai sepeda hias ini,” ujar Muhammad Rofiq, salah satu anggota seksi karnaval dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, para peserta masih banyak mengenakan pakaian adat Nusantara. Meski cuaca cukup menyengat, para peserta tampak semangat meski terlihat agak terganggu dengan kostum yang digunakan. (radar)

Loading...