Pesisir Pantai Satelit Dipenuhi Sampah

0
232
Pantai Satelit di Dusun Palurejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Muncar dipenuhi sampah rumah tangga, kemarin (28-7)

MUNCAR – Keindahan pantai laut di Kampung Satelit, Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, kini ternoda. Di sepanjang pantai itu dipenuhi dengan sampah hingga kurang sedap dipandang. Perkampungan di daerah itu juga tampak kumuh dan kotor.

Sampah yang menumpuk di Pantai Satelit itu sampai menutup bagian pinggir pantai. Sampah yang didominasi plastik bekas itu, selama ini telah mengganggu aktivitas para nelayan.

“Sampah itu kiriman dari sungai,” terang Muhammad Ali, 48, warga kampung Satelit. Menurut Muhammad, sampah yang menumpuk di sepanjang Pantai Satelit itu berasala dari aliran sungai perbatasan Satelit dan Kalimoro.”Bila air sungai besar selalu membawa sampah,” cetusnya.

Muhammad menyebut sampah yang menumpuk itu sudah ada sejak dua pekan lalu, yakni saat turun hujan dengan deras. “Selama ini ya dibiarkan siapa yang akan membersihkannya, kalau warga tidak mungkin,” cetusnya.

Warga lainnya, Sugiono, 52, menyebut sampah yang ada di pantai itu membuat kondisi laut menjadi kotor. Bahkan, ombak- ombak yang menggulung ke pesisir pantai warnanya berubah menjadi cokelat.

“Sampah ini mulai dari sungai perbatasan Satelit  dan Kalimoro, panjangnya sekitar 500 meter,” ungkapnnya. Untuk menjaga kebersihan pantai, terang dia, pemerintah harus melarang pembuangan sampah disungai. Warga juga diharapkan tidak membuang sampah ke sungai atau laut.

“Harus ada  kesadaran juga dari masyarakat, jangan membuang sampah ke sungai,” pintanya. (radar)

Loading...