Potensi Tsunami, Masyarakat Pesisir Dilatih Mitigasi Bencana

0
1769
Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami

BANYUWANGI – Bertempat area Pantai Cemara, masyarakat pesisir mendapat sosialisasi adaptasi mitigasi bencana dan perubahan iklim wilayah pesisir oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Selasa (5/12).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kegiatan ini di ikuti 100 Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan dan Pokmas Mas. Mereka mendapatkan pemahaman terkait apa yang harus di lakukan di saat terjadi bencana alam, utamanya bencana Tsunami. Sehingga diharapkan mereka bisa mengerti tentang arah lari yang di tuju serta bagaimana upaya yang harus mereka lakukan ketika terjadi Tsunami.

“Dengan sosialisasi ini di harapkan masyarakat nelayan yang tinggal di kawasan pesisir pantai bisa merasa aman dan nyaman. Masyarakat pesisir bisa menyikapi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar apabila terjadi bencana Tsunami,” ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo.

Misalkan, mereka sudah mengetahui arah lari yang di tuju, apa yang harus di lakukan, lokasi tempat jemput dan peralatan apa yang mereka butuhkan. Sosialisasi ini juga sekaligus untuk memberikan pembelajaran kepada mereka tentang tanda tanda ketika mau terjadi bencana Tsunami.

“Kami harap peristiwa Tsunami pada tahun 1992 silam di wilayah Banyuwangi selatan tidak terulang kembali,” ujar Hary.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last