Sambut Nyepi, Pemuda Sambimulyo Mulai Buat Ogoh-Ogoh

0
500


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANGOREJO – Perayaan Nyepi bagi umat Hindu masih sebulan lagi. Dalam pelaksanaan ritual itu, akan diawali dengan upacara Melasti yang dilaksanakan untuk penyucian dan ogoh-ogoh. Meski masih lama, tapi para pemuda di Desa  Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, telah memulai membuat patung ogoh-ogoh.

Mereka membuat kerangka patung yang sudah dibalut kertas dan spon di salah satu rumah warga di Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo. Salah satu tokoh pemuda Dusun Sambirejo,  Desa Sambimulyo, Budi Sujatmiko, 37, mengatakan para pemuda sengaja mengawali pembuatan ogoh-ogoh itu untuk menghemat  waktu. Sebab, menjelang pelaksanaan hari raya Nyepi di daerahnya ada hajatan warga.

“Kita siapkan lebih awal,” katanya.  Selain akan ada hajatan, pembuatan ogoh- ogoh lebih awal ini karena pada hari raya  Nyepi tahun ini, jumlah ogoh-ogoh yang akan  dibuat lebih banyak di banding tahun lalu. “Kita akan buat tiga, satu ogoh-ogoh pesanan  dari luar daerah,” ujarnya.

Dalam mengerjakan ohoh-ogoh ini, terang dia, dikerjakan pada malam hari. Sebab, saat siang hari para pemuda di kampungnya memiliki kesibukan di sawah. “Hanya bisa membuat ogoh-ogoh pada malam hari,” terangnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :