Beranda Pendidikan Siapkan Beasiswa Penyandang Cacat

Siapkan Beasiswa Penyandang Cacat

0
437

BANYUWANGI – Diam-diam Pemkab Banyuwangi menyiapkan anggaran beasiswa khusus bagi siswa penyandang cacat yang berprestasi. Melalui Dinas Pendidikan (Dispendik), pemkab tengah menyusun formula untuk menentukan besaran beasiswa tersebut  Hal itu terungkap dalam sara sehan wartawan yang di selenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Ba kes bangpol) Banyuwangi di aula Hotel Tanjung Asri kemarin (10/12).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Saat berdialog dengan para insan pers, Bupati Abdullah Azwar Anas mengakui kini pihaknya tengah berupaya meningkatkan akses penyandang cacat dalam me nempuh pendidikan. Itu berlaku mulai pendidikan tingkat dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Menurut Anas, Pemkab Banyuwangi memisahkan anggaran beasiswa bagi penyandang cacat yang memiliki keinginan kuat bersekolah dengan beasiswa di bidang pendidikan yang lain. Misalnya beasiswa bagi siswa prestasi, beasiswa bagi siswa miskin, dan lain sebagainya. “Melalui APBD 2013, kita akan menyiapkan beasiswa khusus siswa penyandang cacat yang memiliki keinginan kuat bersekolah,” ujarnya.

Loading...

Usai sarasehan, Kadispendik Sulihtiyono menjelaskan, dalam APBD 2013 siswa-siswa penerima beasiswa bukan hanya berasal dari kalangan kurang mampu dan berprestasi, tapi juga para penyandang cacat. “Sebelumnya, beasiswa bagi siswa miskin dan siswa berprestasi kita gabung. Tahun ini kami pecah. Ada juga beasiswa bagi siswa penyandang cacat,” terangnya. Namun, karena keterbatasan dana, dalam APBD 2013 tidak semua siswa penyandang cacat di Banyuwangi tercover beasiswa tersebut. Siswa penyandang cacat yang berhak menerima beasiswa adalah mereka yang benar-benar membutuhkan dan berprestasi. “Karena keterbatasan dana, tidak semua siswa penyandang cacat dapat beasiswa.

Saat ini, Dispendik masih menyusun formula untuk menentukan besaran beasiswa tersebut,” kata dia. Menurut Sulihtiyono, beasiswa bagi para penyandang ca cat tidak hanya difokuskan bagi mereka yang menjalani pendidikan dasar dan menengah. Beasiswa juga diberikan kepada penyandang cacat yang menempuh studi di perguruan tinggi. “Kita berharap penyandang cacat yang duduk di pendidikan tinggi juga ter-cover beasiswa tersebut,” pungkasnya. Sementara itu, sarasehan tersebut juga dihadiri Koman dan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi, Letkol (kav) Muslimin Fahsyah, Kepala Bakesbangpol Iskandar Azis, dan sejumlah pejabat pemkab. (radar)

error: Uppss.......!