Suhu 47 Derajat Hujan Lebat

0
710

MADINAH – Ada kejadian menarik saat  jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi berada di Madinah, Arab Saudi. Kamis (27/9) pukul 19.24 Waktu Arab Saudi atau sekitar  23.24 WIB terjadi hujan sangat lebat Padahal, saat hujan turun malam itu, suhu di Madinah mencapai 47 celcius.

dr. Nizam, salah satu petugas haji asal Banyuwangi, melaporkan hujan tersebut menyebabkan JCH Banyuwangi sedikit kaget dan takjub. Bagaimana tidak, dengan suhu panas yang seperti itu ternyata hujan bisa turun dl Madinah.

Turunnya hujan tersebut mampu mengrangi rasa panas yang dirasakan JCH di Madinah “Turunnya hujan ini bisa mengurangi suhu panas yang kita rasakan, terang dr. Nizam. Dia menambahkan, dengan suhu yang begitu menyengat, seluruh JCH Banyuwangi kemarin diimbau tetap menggunakan pelindung kepala saat keluar hotel.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau seluruh JCH membawa semprotan air jika bepergian untuk disemprotkan ke bagian wajah agar tetap lembap. “Tapi Alhamdulillah tidak ada JCH Banyuwangi yang sampai dirujuk ke RS karena suhu ini.

Hanya menjalani pemeriksaan medis saja di maktab,” tambahnya. Pemeriksaan yang dilakukan para JCH meliputi cek tekanan darah, cek kadar gula, cek kadar kolesterol, dan asam urat. Pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa kesehatan JCH asal Banyuwangi tidak terganggu.

“Petugas juga datang ke kamar- kamar jamaah untuk memastikan kebersihan. Karena itu sangat pengaruh terhadap kesehatan. Alhamdulillah, sementara ini sehat,” pungkasnya. Sementara itu, kemarin JCH Banyuwangi masih berada di Madinah untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat bersejarah.

Kemarin seluruh JCH Banyuwangi melakukan salat Jumat di Masjid Nabawi berjamaah. JCH saat ini (kemarin) masih ziarah di sekitar Masjid Nabawi, antara lain Raudho, Bakik, Masjid Syaidina Ali, Masjid Syaidina Umar, Masjid Syaidina Abu Bakar dan Masjid Mustajab. Sebagian JCH ada yang belanja dan jalan-jalan,” terang Juhdi, petugas haji lainnya. (radar)