Jamaah Bergerak Menuju Arafah

  • Bagikan

MAKKAH – Seluruh jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi di Makkah sejak Selasa pagi kemarin (22/9) berangsur berangkat ke Arafah. Sebab, semua JCH di Majukan harus menjalankan ibadah inti hari ini. Mereka diangkut menggunakan bus melewati jalur darat sejauh 22,5 Km.

Petugas haji Banyuwangi, Juhdy mengatakan seluruh JCH Banyuwangi sudah bersiap dan berkumpul di lobi maktab sejak pukul 06.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Meski jadwal pemberangkatan baru dimulai pukul 08.00, persiapan lebih awal dirasa pedu demi meminimalkan jamaah tertinggal.

Dari seluruh jamaah haji Banyuwangi yang kemarin menuju Arafah, hanya satu jamaah yang tidak bisa berangkat lantaran kondisinya masih lemah. Jamaah atas nama Gatok Santoso, 60, asal Kecamatan Kabat, itu masih menjalani perawatan intensif akibat terkena serangan jantung.

“Pak Gatok masih lemah kondisinya,” jelas Juhdy. Juhdy menambahkan, pihak maktab menyediakan beberapa  bus untuk mengangkut JCH menuju Arafah. JCH Banyuwangi terbagi dalam tiga trip. Pemberangkatan pertama dilakukan pukul 08.00 dan pemberangkatan kedua dilakukan pukul 12.00.

Sementara itu, pemberangkatan ketiga dilakukan pukul 15.00.  “Kita dapat undian pemberangkatan sejak pukul 08.00 pagi ini (kemarin) dan harus tuntas pukul 15.00 siang. Setelah itu disusul kloter dari Jakarta dan Bekasi,” tambahnya.

Bus-bus yang mengangkut jamaah dari Makkah menuju Arafah kemarin sangat besar. Satu bus bisa mengangkut 50 sampai 60 jamaah. “Kasi PHU, Pak Muklis mengimbau jamaah agar terus berzikir sebelum maupun saat berangkat ke Arafah agar mendapat rida Allah SWT,” terang Juhdy. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: