Tiga Hingga Lima Hari ke Depan Wilayah Banyuwangi Berpotensi Cuaca Ekstrem

0
192
Foto: TIMES Indonesia

BANYUWANGI – BMKG Kelas III Banyuwangi memprakirakan tiga hingga lima hari kedepan wilayah Banyuwangi berpotensi terjadinya cuaca ekstrem dengan hujan lebat dan disertai angin kencang. Masyarakat pun diminta mewaspadai beberapa titik rawan bencana.

“Bulan januari ini wilayah Banyuwangi sudah memasuki musim penghujan dengan intesitas hujan ringan hingga lebat, disertai angin kencang dan petir,” kata Prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi Ibnu Haryo seperti dilansir dari TIMES Banyuwangi, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, ada potensi terjadinya cuaca ekstrem dalam 3 hingga 5 hari kedepan yaitu diperkirakan antara tanggal 7 hingga 15 Januari 2020, karena ada potensi terbentuknya bibit siklon tropis di Selatan Nusa Tenggara.

“Bibit siklon tropis ini yang menyebabkan pertemuan masa udara di wilayah Jawa dan tumbuhnya awan konfektif, kemudian meningkatkan kecepatan angin, sehingga menyebabkan cuaca ekstrem,” jelas Ibnu.

“Dipengaruhi lagi dengan ditambahnya faktor sirkulasi MJO (Madden-Julian Oscillation) yang mana sirkulasi ekuatorial yang bersifat bulanan, untuk saat ini memasuki wilayah benua maritim Indonesia. Nah, hal itu membawa uap air yang cukup banyak yang dapat menghasilkan hujan lebat,” imbuhnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Teladan, Sepuluh Wajib Pajak Banyuwangi Raih Penghargaan