Wakili Jawa Timur di Festival Karya Tari Nasional, Niskala Seblang Banyuwangi Sabet Lima Penghargaan

0
272


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Tarian Niskala Seblang yang mewakili provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk berkompetisi dalam Festival Karya Tari 2018 Tingkat Nasional, menyabet banyak penghargaan. Meski tak menjadi yang terbaik, namun tarian yang dibawakan oleh sanggar tari Umah Seni Kuwung Wetan Banyuwangi ini menyabet lima penghargaan dalam ajang yang digelar 19 Agustus lalu.

Tarian yang dibawakan oleh 9 penari itu menyabet penghargaan berikut Penyaji terbaik se Jawa-Bali, 5 penata tari unggulan, 5 penata musik unggulan 5 penata rias dan busana ungggulan dan 13 penyaji unggulan.

“Meski kami tidak menyabet penghargaan terbaik, namun kita bisa mewujudkan bahwa suguhan kami menyabet predikat unggulan dari 28 Propinsi yang ikut serta,” ujar Pimpinan sanggar Umah Seni Kuwung Wetan, Dwi Agus Cahyono.

Dikatakan Dwi, Niskala Seblang yang dibawakan di ajang ini merupakan kisah tradisi Seblang Olehsari. Sebuah ritual tolak bala warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah Banyuwangi. Seblang ini digelar setiap 2 Syawal selama tujuh hari berturut-turut yang dibawakan oleh gadis muda yang menari dalam kondisi trance.

“Ajang ini memperkaya wawasan kami tentang pementasan seni. Kita juga banyak mendapatkan hikmah dan pengalaman berharga di ajang ini. Banyak pelajaran berharga dalam proses yang kita lalui,” tambahnya.

Dipilihnya tarian Niskala Seblang mewakili Jawa Timur, setelah tarian ini memenangi ajang Festival Karya Tari tingkat kabupaten dan provinsi.

Secara terpisah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan kontingen Banyuwangi yang mewakili Jawa Timur di ajang nasional ini. Keberhasilan ini juga menunjukkan bahwa konsistensi Banyuwangi yang terus memberi ruang pada seniman mendapat apresiasi dari pihak luar.

“Beragam atraksi seni dan budaya terus pemkab kembangkan, dan ikhtiar kita ini mendapat sambutan positif dari seniman. Buktinya, kreasi seniman Banyuwangi terus tumbuh dan terus mencatat prestasi, termasuk Sanggar Umah Seni Kuwung Wetan ini,” kata Anas.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/10/2018
JAKARTA

Baca Juga :