1.179 Siswa Kejar Paket C Ikuti UNPK

0
286
Suasana pelaksanaan UNPK di SDN 1 Blambangan, Kecamatan Muncar, kemarin .

MUNCAR-Sebanyak 1.179 siswa kejar paket C mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) kemarin (16/4). Ujian itu digelar secara serentak di Kabupaten Banyuwangi yang  diikuti 18 pusat kegiatan belajar  masyarakat (PKBM).

Ketua penyelenggara UNPK Banyuwangi, Achmad Baidhowi, mengatakan ujian kejar paket C dilaksanakan sejak Sabtu (15/4). Untuk selanjutnya, ujian akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu  depan. “Ujiannya hanya hari Sabtu dan Minggu,”  ungkapnya.

Loading...

Menurut Baidowi, UNPK tahun ini hanya bisa di selenggarakan oleh PKBM Mandiri  Sejahtera. Sementara PKBM lainnya, harus bergabung. “Jadi  untuk ujian yang menangani PKBM Mandiri Sejahtera,” cetusnya.

Pelaksanaan UNPK untuk Kejar Paket C kali ini, terang dia,  lebih tertib dan prosesnya juga cukup ketat. Sebab, tidak semua  orang bisa langsung mengikuti ujian tanpa memiliki nomor induk siswa terlebih dahulu.

“Ini tahun pertama peserta UNPK ada data pokok pendidikannya. Degan begitu tidak bisa lagi orang yang tiba-tiba datang kemudian mau ikut kejar paket.  Siapa yang mau ikut ujian, harus  masuk dulu mulai kelas satu sampai kelas tiga,” ungkapnya.

Selama hari kedua melaksanakan UNPK kemarin, Baidhowi mengaku tidak ada kendala serius yang terjadi di lapangan.  “Sampai sekarang tidak ada masalah, semoga saja pada Sabtu  dan Minggu yang akan datang juga lancer,” harapnya.

Ketua Panitia UNPK, Thatet  Yuniarto, menyampaikan untuk UNPK kali ini yang terakhir kalinya menggunakan kertas atau sistem manual. Untuk ujian selanjutnya, akan disetarakan dengan ujuan berbasis komputer.

“Untuk kali ini masih diperbolehkan dengan ujian kertas, tetapi untuk UNPK selanjutnya harus berbasis komputer,” jelasnya.(radar)

loading...