10.193 Sepeda Motor Tinggalkan Pulau Jawa

0
263

Kendaraan-roda-empat-yang-menyeberang-ke-Bali-mengalami-peningkatan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Arus balik Lebaran masih terus mengalir di Pelabuhan Ketapang hingga Kamis kemarin (14/7). Suasana pelabuhan masih dipadati kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Bali. Antrean pemudik  yang menggunakan kendaraan roda dua masih mendominasi kepadatan di dalam pelabuhan.

Total ada sekitar 10.193 unit kendaraan roda dua yang telah diseberangkan menuju Pulau Dewata. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi  hingga  sore kemarin, hilir mudik kendaraan yang  masuk ke dalam Pelabuhan ASDP Ketapang masih terus berlangsung.

Bahkan, sejak pagi hingga sore hari volume kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan semakin banyak. Meski demikian tidak sampai menyebabkan antrean panjang ke jalan raya. Antrean kendaraan hanya terjadi di dalam pelabuhan.

Di Pelabuhan LCM Ketapang juga demikian. Kepadatan kendaraan di halaman parkir pelabuhan terjadi seharian penuh. Tidak hanya dipadati truk-truk yang mengantre masuk ke dalam kapal, kendaraan roda dua juga tampak mengantre sambil berteduh di bawah tenda yang telah disediakan.

Banyaknya pemotor yang baru kembali ke Bali itu kebanyakan pemudik yang baru selesai merayakan Lebaran  Ketupat di kampung halaman. Rosidi, 41, salah satu pemudik  asal Kecamatan Srono, mengatakan
dia balik lebih akhir karena menunggu Lebaran Ketupat di kampung halaman.

Menurutnya, tradisi Lebaran Ketupat di kampungnya  merupakan tradisi yang harus diikuti warga Muslim setelah 7 hari Lebaran. ”Anak saya juga Senin harus sekolah di Bali. Kalau pulang mepet hari Minggu dikhawatirkan tambah padat kendaraan di pelabuhan,” kata pemudik yang menunggang motor itu.

Berdasar data ASDP Ketapang kemarin, jumlah penumpang dan kendaraan dibandingkan tahun lalu mengalami peningkatan signifikan. Ada sekitar 51.728 penumpang yang telah disebe rangkan menuju Bali dari Pelabuhan Ketapang.

Jumlah itu meningkat 21 persen dibandingkan H+7 tahun lalu. Jumlah kendaraan roda dua juga demikian, ada sekitar 10.193 unit yang telah diseberangkan.  Dengan jumlah itu, jumlah pemotor yang menyeberang ke Bali meningkat 47 persen dibandingkan hari yang sama tahun lalu.

Roda empat juga mengalami peningkatan, ada sekitar 5.665  unit yang telah menyeberang ke Pulau Bali kemarin. Meski jumlahnya cukup banyak, tapi kepadatan  kendaraan roda empat di pelabuhan  idak sampai membuat halaman parkir pelabuhan penuh.

”Prediksi akhir pekan arus balik ke Bali ini akan tuntas,” jelas Wahyudi Susianto, manajer Usaha PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :