6 Cara Menghilangkan Panu Pada Tubuh Terbukti Berhasil

  • Bagikan

Cara menghilangkan panu – Panu terkadang menjadi momok bagi sebagian orang yang dapat menurunkan kepercayaan diri tampil di depan umum. Terutama jika lokasinya berada tepat pada wajah. Selain itu, panu juga menimbulkan rasa gatal yang kadang dirasa tidak berkesudahan dan lokasinya melebar dalam waktu singkat karena pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Oleh sebab itu banyak yang ingin segera menghilangkan masalah panu agar kulitnya menjadi mulus seperti sedia kala. 

Biasanya panu disebabkan oleh jamur dan parasit berwarna putih, cokelat, merah juga sedikit kehitaman yang menempel pada kulit. Rasa gatal pada panu ini akan sangat terasa ketika sedang berkeringat. Parahnya lagi, apabila kita menggaruknya justru akan membuat panu semakin melebar dan terkadang menyebabkan iritasi pada kulit. 

Namun jangan khawatir karena ada cara menghilangkan panu pada tubuh secara alami dalam waktu singkat, berikut caranya:

1. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan panu secara alami. Kandungan pada lengkuas ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi panu yang efektif. Bahan alami ini mengandung sodium, zat besi, vitamin A, flavonoid, dan beberapa kandungan lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan jamur kulit pada tubuh.

Untuk menghilangkan panu menggunakan lengkuas ini pun sangat mudah sekali. Kamu cukup mengambil lengkuas yang masih segar, setelah itu potong-potong sesuai selera. Kemudian usapkan lengkuas tersebut pada kulit yang terdampak panu selama 5 menit lamanya kemudian diamkan dan tanpa dibilas sama sekali. Lakukan hal ini sebanyak dua kali sehari agar panu menghilang dalam waktu singkat.

Cara menghilangkan panu dengan menggunakan metode lainnya adalah dengan menghaluskan lengkuas hingga benar-benar lembut. Setelah itu campurkan dengan 1 sendok teh garam. Oleskan pada panu dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari agar tubuh kamu terbebas dari masalah panu.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh tidak hanya bisa digunakan sebagai obat sariawan namun juga bisa digunakan sebagai penghilang panu secara alami. Belimbing wuluh ini tidak hanya kaya akan vitamin C namun juga kaya akan glukoid, asam format, peroksida, kalsium oksalat, dan masih banyak lagi. 

Untuk menghilangkan panu dengan menggunakan belimbing wuluh ini pun sangat mudah sekali. Siapkan 1 buah belimbing wuluh, potonglah menjadi 4 bagian lalu usapkan pada kulit yang terdampak masalah panu. Diamkan hingga benar-benar mengering dikulit.

3. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di wajah secara alami selanjutnya bisa dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih tidak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur saja, namun juga digunakan untuk obat alami dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah panu. 

Apabila kamu tertarik menggunakan bahan alami ini maka siapkan 1 siung bawang putih kemudian potonglah menjadi beberapa bagian, gosokkan bawang putih tersebut ke bagian kulit yang terdampak panu lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Cara ini aman untuk dilakukan pada bayi yang usianya belum 1 tahun karena tanpa efek samping sama sekali.

4. Minyak Kelapa

Penelitian yang dilakukan menunjukkan fakta bahwa minyak kelapa banyak digunakan oleh orang-orang dulu sebagai penghilang panu pada tubuh. Kandungan asam pada minyak kelapa dipercaya bisa menjadi resistensi bagi tubuh manusia untuk menangkal pertumbuhan jamur, bakteri, parasit, dan lain sebagainya. 

Untuk menghilangkan panu dengan menggunakan minyak kelapa pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa asli di kulit yang terdampak masalah panu kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar panu cepat menghilang.

5. Cuka Apel

Selanjutnya, untuk menghilangkan panu kamu juga bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel tidak hanya bermanfaat untuk masakan saja, namun juga bermanfaat untuk menghilangkan panu pada wajah loh. 

Untuk menghilangkan panu menggunakan cuka apel, kamu hanya perlu mengoleskan cuka apel pada kulit di wajah atau kulit lainnya terdampak masalah panu. Setelah mengoleskan cuka apel diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara teratur satu kali sehari.

6. Yoghurt

Jika kamu hanya mengenal yoghurt bermanfaat untuk pencernaan saja maka kamu salah. Karena Yoghurt pun juga dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang panu. Selain mengandung probiotik alami yoghurt juga memiliki kandungan vitamin B6 dan juga B12, memiliki protein, riboflavin, kalsium, dan lain sebagainya. 

Nah, untuk menghilangkan panu menggunakan yoghurt ini pun sangat mudah sekali untuk diterapkan karena kamu cukup mengoleskan yoghurt pada kulit yang terdampak panu. Selain itu, kandungan yang ada pada yoghurt pun bisa digunakan sebagai pengontrol jamur agar tidak berkembang biak dan semakin meluas pada kulit. Yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan Yoghurt untuk mengatasi masalah panu, jangan menggunakan yoghurt dengan rasa manis. Gunakan Yoghurt dengan rasa tawar agar hasilnya lebih efektif.

Penyebab Timbulnya Panu

Tidak jarang panu yang sudah diobati bisa timbul kembali. Selain itu jika terlambat diobati, panu akan meluas dan melebar dalam waktu singkat. Oleh sebab kamu perlu tahu apa penyebabnya dan kenapa panu cepat menyebar pada tubuh. Penyebab utama timbulnya panu dan menyebar di kulit adalah higienitas kulit yang buruk. Selain itu, panu juga dapat timbul akibat menggunakan handuk atau pakaian orang lain yang punya masalah panu.

Panu menjadi masalah kulit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Meski bukan penyakit berat namun masalah ini cukup mengganggu. Oleh sebab itu, kamu yang punya masalah panu harus segara mengobati agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Lakukanlah cara menghilangkan panu seperti yang sudah dijelaskan di atas secara teratur karena sangat efektif dan terbukti dapat menghilangkan panu hingga ke akarnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: