Dua Hari ke Depan Berselimut Abu

0
518

MENDUNG tipis yang menyelimuti wilayah kota Banyuwangi kemarin (7/8) sepertinya akan terus ada sampai dua hari ke depan. Bukan karena awan yang membawa material hujan, melainkan abu vulkanik Gunung Raung yang terbawa angin ke wilayah tenggara Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tingkat kepadatan dari mendung abu itu, menurut Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa,  tergantung semburan material dari Gunung Raung. Gede memperkirakan, jika semburan semakin besar atau tetap, maka mendung akan terus menyelimuti Banyuwangi.

Loading...

Terutama wilayah kota sampai Banyuwangi Selatan. Kondisi itu juga akan mempengaruhi lalu lintas udara, baik di Banyuwangi maupun Bali. Made memprediksi selama dua  hari ke depan Bandara Blimbingsari dan Ngurah Rai Denpasar kemungkinan tidak beroperasi.

“Tapi setiap hari kita update dan laporkan ke bandara. Keputusannya tetap mereka  sendiri. Dengan kondisi seperti ini memang tidak aman,” kata Gede. Mengenai kemungkinan turunnya hujan, Gede mengatakan, hujan turun tidak merata dan intensitasnya sangat ringan.

Sehingga, tidak banyak membantu menghilangkan imbas abu Raung. “Hujan turun antara malam  sampai dini hari, kalau hujan  besar belum ada,” terangnya. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2