Empat Spesies Penyu Bertelur di Sukamade

0
543

MESKI masih gelap gulita, tim ekspedisi jelajah yang waktu itu berangkat bareng dengan 18 mobil Fortuner yang tergabung dalam Jatim Fortuner Club  (JPC) tetap semangat untuk pergi ke Pantai Sukamade, Desa Sukamade, Kecamatan Pesanggaran.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jarum jam waktu kami berangkat masih menunjukkan pukul 05.00 pagi. Suhu dingin pun menemani kami selama perjalanan dari Desa Sarongan ke Pantai Sukamade. Jarak yang harus ditempuh tim ekspedisi jelajah untuk menuju Pantai Sukamade dari Teluk Hijau memang hanya berjarak 15 Km saja.

Namun. kami butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Pantai Sukamade. Mengingat, jalan yang kami lewati adalah jalan tanah bebatuan yang ada di tengah Tlaman Nasional Meru Betiri (TNMB).  Kami juga harus menyeberangi sebuah sungai untuk sampai di pantai yang terkenal dengan tukiknya ini.

Sekitar pukul 07.00 pagi akhirnya kami sampai juga di Resor Sukamade. Sesampai di sana, kami harus memarkir kendaraan kami di resort Sukamade. Sebab, untuk menuju bibir pantai Sukamade harus dilewati dengan jalan kaki sekitar 1 Km melewati hutan.

Tidak masalah bagi kami meski harus berjalan kaki. Di resort tersebut juga ada beberapa penginapan yang disediakan oleh pihak TNMB kepada Para pengunjung yang ingin menginap. Karena di sana adalah pantai tempat penyu bertelur, di Resort Sukamade juga ada tempat penangkaran penyu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last