Festival Banyuwangi Lepas 243 Lampion ke Udara

0
345

fbBANYUWANGI – Pawai pelangi budaya yang digelar dalam rangka memperingati Hari jadi Kabupaten Banyuwangi (Harjaba) Sabtu malam kemarin (13/12) benar-benar meriah. Di akhir acara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Bupati Situbondo Dadang Wagiarto secara simbolis melepaskan lampu lampion ke udara. Yang menarik, ratusan pengunjung mulai anak-anak, remaja, dan orang tua, ikut menyalakan dan melepaskan lampion tersebut ke udara. Padahal sebelumnya, Disbudpar sendiri sempat kerepotan dengan pelepasan lampion udara tersebut. Maklum, jumlahnya sebanyak 243 biji. Lampion sebanyak itu awalnya diasumsikan tidak akan bisa dilepaskan secara serentak oleh pejabat maupun tamu undangan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Namun, fakta berkata lain. Lampion sejumlah angka peringatan Harjaba itu, dinyalakan masal oleh orang tua dan anak-anak yang menuntun acara tersebut hingga usai di depan kantor Pemkab Banyuwangi. Selain kekhawatiran jumlah orang yang menyalakan lampion tersebut, panitia juga dihantui perasaan was-was jika lampion tersebut mengenai tiang dan kabel listrik. “Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik, tanpa ada kendala berarti,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Choliqul Ridha. lampion tersebut dari bahan kertas dengan diameter sekitar 30 cm dan tinggi panjang lebih 50 cm tersebut, berbahan bakar paravin.

Satu persatu lampion udara berwarna-warni tersebut berhasil dilepas ke udara satu persatu, tak ada satupun yang tersisa, tak pelak, terbangnya lampion warna-warni ke udara tersebut menambah langit Banyuurangi tambah bervariasi dan semarak. Pelepasan lampion ke udara tersebut, juga dirasa sangat berkesan bagi sejumlah pengunjung yang ikut menyalakan dan melepaskannya ke udara. Lina salah satunya. Penonton asal Rogojampi ini mengaku sangat takjub melihat indahnya lampion saat terbang ke udara. “Saya tidak menyangka kalau ada kejutan pelepasan lampion, bagus juga ternyata,” pungkas perempuan berkerudung ini. (radar)

Loading...