Gulungan Kabel PLN Hangus Terbakar

0
426


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN-Gulungan kabel milik PLN jenis medium voltage twisted insulated cable (MVTIC) dengan panjang sekitar 250  meter yang dipersiapkan untuk saluran di  tambang emas PT BSI, habis terbakar, Selasa dini hari (7/2). Kabel yang berada di pinggir jalan raya Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, itu diduga kuat sengaja  dibakar.

“Saya tahu kabel sudah terbakar,”  cetus Hartono, ketua RT setempat. Hartono menyebut warga tidak ada yang tahu tentang gulungan kabel yang terbakar itu. Semua tahu ada kabel terbakar pada pagi harinya. “Mungkin  malam (dibakar), tapi saya tidak  tahu sama sekali,” ungkapnya.

Loading...

Pj. Kepala Desa Sumberagung, Suryanto, mengaku tidak tahu secara  pasti mengenai gulungan kabel yang terbakar tersebut. Hanya saja, dia memperkirakan kejadiannya itu  pada dini hari. “Saya itu pulang dari  kantor pukul 02.00 dini hari tidak ada apa-apa,” jelasnya.

Mengenai kemungkinan sengaja dibakar, Suryanto mengaku itu bukan wewenangnya. Tapi jika kabel itu memang dibakar, dia yakin pelakunya  dari luar Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung. Indikasinya, saat ini banyak peralatan kegiatan yang  ditaruh di sekitar rumah warga dengan nilai lebih besar, tetap aman tanpa gangguan.

“Kalau yang melakukan orang sini, kenapa harus kabel, kendaraan itu lo aman semua,” jelasnya. Sementara itu, petugas PLN Rayon Jajag, Made Sujana, mengatakan panjang kabel yang terbakar itu sekitar 250 meter dengan nilai Rp 87, 5 juta hingga Rp 100 juta per gulung.

“Kejadian kabel yang terbakar itu tidak sampai menimbulkan gangguan,” katanya.  Goverment & Permiting Relation Manager PT BSI, Yunizar Imamsyah, saat dikonfirmasi saat melakukan sosialisasi pemasangan kabel menolak untuk berkomentar.  “Nanti lewat Pak Bambang saja ya, ini satu pintu,” katanya.

Kapolsek Pesanggaran, AKP  Sudarsono, menolak untuk berkomentar terkait gulungan kabel yang terbakar itu. “Kabel yang  terbakar memang ada, tapi untuk  memberikan keterangan wewenang polres, penanganan di PT BSI wewenang Polres Banyuwangi,” ungkapnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :