Hujan Deras Disertai Angin, Warga Yosomulyo Khawatir Puting Beliung Kembali Terjadi

0
242

hujan-deras-dan-angin-besar-masih-terjadi-di-desa-yosomulyo-kecamatan-gambiran-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GAMBIRAN-Hujan yang disertai angin besar, membuat warga yang tinggal di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran tidak bisa tenang kemarin  (2/10). Mereka khawatir angin  puting beliung kembali datang seperti sehari sebelumnya.

Warga Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, tampak  masih trauma dengan kejadian bencana alam itu. Apalagi, angin puting beliung yang melanda kampungnya itu bukan yang kali pertama. “Desa kami seperti menjadi langganan puting beliung,” kata Kepala Desa Yosomulyo, Didik Kartika.

Menurut Didik, untuk korban bencana puting beliung yang terjadi pada Sabtu sore (1/10), semua sudah tertangani. Dalam kejadian itu, ada 13 rumah milik warga yang  rusak ringan dan sedang. “Tidak ada yang rusak berat,” ujarnya. Kerusakan dalam bencana  alam itu, lanjut dia, seperti   genting atau asbes yang melorot sampai jatuh dan pecah. Selain itu, juga ada gedhek di rumah warga yang rusak.

“Semua sudah diperbaiki dengan anggaran dari pemerintah desa dan swadaya masyarakat,” ungkapnya. Didik berharap puting beliung  yang menyerang kampungnya itu yang kali terakhir. Sebab, warga seperti trauma setiap turun hujan yang disertai dengan angin kencang.

“Hari ini (kemarin) hujan deras dan datang angin besar,” cetusnya. Untuk mengurangi korban bila ada angin besar, Didik mengaku  sudah meminta pada warga untuk menebang pohon yang dianggap membahayakan, terutama  yang ada di sekitar rumah.

“Kalau tidak mau menebang, ya dikepras biar tidak bahaya,” cetusnya. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, melalui kepala bidang (Kabid) Kedaruratan, Eka Muharam, saat dikonfirmasi mengatakan kondisi di lapangan  masih bisa diatasi oleh pemerintah desa dan kecamatan.

“Sudah bisa ditangani desa, belum perlu bantuan kami,” terangnya.  Tapi, terang dia, pihaknya terus melakukan koordinasi untuk memantau kondisi di lapangan. Jika sewaktu-waktu diperlukan, petugas BPBD akan langsung turun dan melakukan assessment.

“Bila diperlukan, kami siap melakukan  assessment,” ucapnya. Seperti diberitakan harian ini sebelumnya, angin puting  beliung menerjang wilayah di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Sabtu (1/10). Dalam  kejadian itu, belasan rumah milik warga rusak diterjang angin besar.

“Anginnya besar,” terang  Asrofi, Sekretaris Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran. Asroi mengaku masih mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat diterjang angin.  Mengenai kerugian, juga belum diketahui pasti. “Kerugian sementara ini ya sekitar Rp 20 juta,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :