Hujan Deras, SMP Kosgoro Kebanjiran

0
620

smpMUNCAR – Kondisi SMP Kosgoro di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, ini sangat mengenaskan. Setiap turun hujan, sekolah yang berada di tepi jalan raya jurusan Kecamatan Muncar-Tegaldlimo itu selalu menjadi langganan banjir. Seperti akibat hujan yang terjadi, kemarin (27/4). Meski hujan hanya berlangsung satu jam, halaman sekolah SMP Kosgoro itu sudah terendam. Ketinggian air yang menggenang mencapai 25 centimeter.

“Kalau hujan (SMP Kosgoro) selalu banjir,” cetus Matsaeni, 54, salah seorang warga setempat. Bila turun hujan, jelas dia, halaman sekolah hingga pintu pagar tergenang. Banjir itu, karena saluran yang ada di depan sekolah buntu. “Air tidak bisa mengalir, salurannya kurang  erfungsi,” ungkapnya. Untungnya air yang menggenang di halaman sekolah ini tidak sampai mengganggu proses belajar dan mengajar. Sebab, saat turun hujan deras para siswa sudah pulang.

“Kalau banjirnya waktu masuk sekolah, siswa yang hanya di kelas,” sebut Intan, 14, salah satu siswa di sekolah itu. Salah satu guru SMP Kosgoro, Tara Sudiro, mengatakan banjir yang terjadi di sekolahnya itu sudah biasa. Setiap turun hujan, halaman sekolah tergenang air. “Kalau hujan deras, selalu banjir,” katanya. Sudiro mengakui salah satu penyebab banjir di sekolah, itu karena saluran irigasi yang ada di depan sekolah tidak lancar. Malahan, saat ini saluran air itu buntu. “Saluran air langsung kita perbaiki,” ujarnya. (radar)

Baca :
Warga Geger, Seorang Pemuda Ditemukan Gantung Diri di Pohon Kelengkeng, Ini Kronologinya