Ketapang Lancar, Gilimanuk Meningkat

0
315

pelabuhan-ketapang-lancar


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Arus kendaraan jelang Idul Adha tahun ini tampaknya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini arus mudik bisa dibilang lebih lancar dan tidak menimbulkan kemacetan berarti di jalan dan di pelabuhan.

Karena arus mudik tahun ini lancar, pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) akhirnya mencabut larangan truk beroperasi saat libur Idul Adha. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi, AKP Sudarmaji, membenarkan hal itu.

Pada  libur Idul Adha tahun ini truk sudah boleh  melintas. Arus kendaraan dari Pelabuhan  Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang saat ini bisa  dikatakan sangat sepi. ”Truk boleh melintas lagi. Larangannya dicabut karena arus kendaraan saat ini sepi. Itu yang melandasi mengapa  larangan truk beroperasi dicabut,”  ujar Sudarmaji.

Meski begitu, untuk mengantisipasi barang-barang berbahaya masuk ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang, Polsek KP Tanjung Wangi tetap melakukan cek barang bawaan di dalam kendaraan penumpang. Fokus pemeriksaan adalah barang-barang, seperti  narkoba, miras, bahan peledak,  senjata api, dan lain-lain.

”Alhamdulillah sampai saat ini  kita masih belum menemukan  barang-barang yang mencurigakan. Operasi terus 24 jam,”  pungkasnya. Sementara itu, meski terlihat sepi, kendaraan roda dua dan mobil pribadi tampak mengalir lancar dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang.

Data ASDP Ketapang menyebutkan  jumlah penumpang yang telah diseberangkan dari Pulau Bali sekitar 30.969 orang. Roda dua ada sekitar 4.874 kendaraan dan kendaraan roda empat juga mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa, yakni 4.416  unit kemarin.

”Tapi tidak sampai  terjadi penumpukan kendaraan kok di Gilimanuk,” ujar Manajer Usaha PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang, Wahyudi Susianto.  Ramainya kendaraan menuju Pulau Jawa di Pelabuhan Ketapang itu kemarin didominasi kendaraan roda dua dan mobil  pribadi.

Pihaknya memprediksi arus mudik Lebaran Kurban akan berlangsung sampai hari ini.  Namun, hari ini jumlah kendaraan  diprediksi lebih sedikit dibanding  hari sebelumnya. ”Ada peningkatan kendaraan sejak Jumat  lalu. Mungkin besok (hari ini) terakhir arus mudiknya. Kami  mengerahkan 32 kapal,” pungkas  Wahyudi. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Baca Juga :