Masyarakat Oseng Dusun Andong Kirab Tumpeng Songo

0
1080

Masyarakat-Dusun-Andong,-Desa-Tamansuruh,-melaksanakan-ritual-bersih-desa-tumpeng-songo-siang-kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GLAGAH – Semerbak wangi dupa dan tabuhan gamelan terdengar riuh di Dusun Andong, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah sore kemarin. Puluhan orang dengan pakaian adat Oseng tampak memapah ingkung (ayam guling) dan tumpeng yang dibawa keliling ke sudut-sudut dusun.

Sore itu masyarakat Oseng Dusun Andong sedang menyelenggarakan ritual bersih desa dalam bentuk kirab Tumpeng Songo.  Ada sembilan tumpeng berisi aneka makanan yang dikirab. Begitu selesai didoakan, kirab tumpeng itu berhenti di salah satu pemakaman tua.

Loading...

Sembari berhenti sejenak, mereka memanjatkan doa untuk para leluhur, ulama serta nabi Muhammad SAW. Tak lama kemudian, tumpeng dibawa ke tengah perempatan untuk dimakan bersama-sama. Yang menjadi perhatian warga bukanlah tumpeng yang dikirab, namun ingkang yang berjumlah empat potong.

Ingkung tersebut langsung diperebutkan warga yang sejak awal menanti kirab. Warga meyakini, mereka yang bisa mengambil bagian daging paling banyak dari ingkung akan memperoleh berkah yang luar biasa “Ritual ini sudah berjalan sembilan generasi. Saya generasi kesembilan yang mewarisi budaya ini dari buyut-buyut saya,” ujar Sumantri, S2, salah seorang sesepuh Dusun Andong.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2