Menanti Hujan Turun, Mendung yang Datang

0
933

BANYUWANGI – Panas menyengat begitu terasa siang hari kemarin. Warga pun berharap segera turun hujan. Selain sudah cukup lama menanti hujan, warga tidak kuat dengan tingginya suhu udara kota Banyuwangi hingga 33 derajat Celcius.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Perasaan girang warga membuncah pada sore hari. Tiba-tiba awan yang awalnya terlihat cerah berubah menjadi mendung. Tentu mendung itu sangat ditunggu- tunggu warga Banyuwangi dan sekitarnya dengan harapan hujan akan turun. Sayang  sampai malam, hujan tak kunjung turun.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyatakan hujan berpeluang terjadi, tapi sifatnya masih lokal. Hujan berpeluang terjadi pada malam hari dengan intensitas sangat ringan. “Untuk kota, sore masih mendung saja. Hujan ringan prediksi baru terjadi malam hari,” kata prakirawan BMKG, I Gede Agus Purbawa.

Gede menambahkan, mendung di wilayah Banyuwangi itu diakibatkan mulai tumbuhnya awan-awan aktif di wilayah Jember sebelah timur laut sejak pukul 14.00 siang kemarin. Awan yang mulai tumbuh di wilayah Jember itu menyebar hingga wilayah Banyuwangi barat dan Banyuwangi kota.

Loading...

“Di Jember sudah turun hujan, karena pertumbuhan awan di sana lebih banyak,” tambahnya.  Banyaknya pertumbuhan awan itu disebabkan suhu muka Laut Selatan sedang hangat. Hal itu memicu air laut di Laut Selatan menguap. Uap air itu menjadi pemicu terbentuknya awan di langit Jember, Banyuwangi, dan sekitarnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2