Musim Hujan Suhu Udara 33° Celsius

0
552

BANYUWANGI – Meski saat ini wilayah Banyuwangi dan sekitarnya sudah memasuki musim hujan, tapi beberapa terakhir kondisi cuaca terasa panas. Suhu panas hampir setiap hari dirasakan masyarakat, baik siang maupun malam.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hal itu disebabkan curah hujan beberapa hari terakhir memang mengalami penurunan. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Gigik Nurbaskoro mengatakan, berkurangnya intensitas hujan memang menjadi pengaruh utama mengapa kondisi cuaca di Banyuwangi terasa sangat gerah.

Adanya pola pusaran angin diutara kharulistiwa atau tepatnya diwilayah Sumatera menyebabkan gangguan angin barat yang  berdampak berkurangnya curah hujan.  ”Saat ini angin cenderung dari timur atau dari Australia yang lebih banyak membawa suhu panas,” jelas Gigik.

Cuaca panas juga dirasakan masyarakat Banyuwangi pada malam hari. Hal itu disebabkan pada malam hari potensi hujan juga sangat minim. Namun, pertumbuhan awan pada malam hari sangat banyak. Hal itu tentu membuat kondisi udara di Banyuwangi menjadi gerah pada malam hari.

Loading...

“Panas matahari yang diserap bumi siang hari tidak bisa terpantul ke atmosfer pada malam hari dan kembali lagi ke bumi karena terhalang pertumbuhan awan yang tinggi di malam hari,” jelas Gigik.  Berdasar data BMKG suhu udara di Banyuwangi saat ini mengalami peningkatan dari batas normal.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2