Pemuda Dilatih Kerajinan Monte

  • Bagikan

SRONO-Sebanyak 20 pemuda dari Desa Sukonatar, Kecamatan Srono, dilatih membuat gelang, kalung, dan aneka jenis kerajinan lainnya dari monte. Acara itu, dipusatkan di kantor desa setempat. Salah seorang peserta pelatihan, Erik Mardiyanto, 19, mengaku senang mendapat keterampilan anyaman kerajinan dari monte itu.

Setelah bisa membuat aneka kerajinan ini, akan mencoba mengembangkan untuk usaha. “Saya berencana membuka usaha untuk dikirim ke  Bali dan ekspor,” katanya. Kepala Desa (Kades) Sukonatar, Ali Masroni, mengaku sangat terbantu dengan pelatihan yang diadakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi.

Dengan kegiatan itu, para pemuda akan lebih terlatih dan kreatif dalam  menciptakan usaha baru. “Minimal jumlah angka pengangguran berkurang,” cetusnya. Kepala Disperindagtam Banyuwangi, Hari Cahyo Purnomo, mengatakan hingga kini telah melakukan pelatihan di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. “Sudah ada 2.530 orang yang mendapat  pelatihan,” katanya.(radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: