PG Dompu Butuh 3.000 Tenaga Kerja

0
1214

pg-dompu-butuh-3-000-tenaga-kerja


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Job Fair Dibuka Besok, Diikuti 54 Perusahaan

BANYUWANGI – Persiapan bursa  kerja (job fair) yang diselenggarakan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Banyuwangi terus dikebut. Sebanyak 5.445 ribu lowongan pekerjaan asal 54 perusahaan akan ditawarkan  pada ajang yang dihelat di Gedung Olah Raga (GOR) Tawang Alun, Banyuwangi, mulai Kamis besok  (15/9) hingga Sabtu (17/9) tersebut.

Sebelum job fair itu resmi dibuka, Dinsosnakertrans menggelar  technical meeting dengan perwakilan perusahaan calon peserta kemarin (13/9). Pertemuan tersebut dilangsungkan di aula lantai dua  kantor Dinsosnakertrans, Jalan HOS Cokroaminoto, Banyuwangi.

Kepala Dinsosnakertrans, Syaiful Alam Sudrajat, mengatakan pada  ajang job fair tersebut masyarakat  bisa memilih berbagai jenis pekerjaan sesuai kompetensi yang dimiliki.  “Job fair ini untuk mempertemukan perusahaan dengan calon tenaga kerja yang dibutuhkan.

Job fair akan dibuka Kamis besok mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan menyediakan lowongan kerja untuk berbagai lulusan, mulai lulusan strata satu, diploma, hingga SMA/sederajat,” ujar pria yang akrab disapa Alam tersebut.  Dia menambahkan, job fair tersebut awalnya hanya akan diikuti 50 perusahaan dengan total 5 ribu lowongan kerja.

Namun, antusiasme perusahaan mengikuti ajang tersebut sangat  tinggi. Itu terbukti dengan bertambahnya jumlah peserta  menjadi 54 perusahaan. Jumlah lowongan kerja yang ditawarkan  pun melonjak, yakni 5.445 lowongan kerja. Menariknya, job fair tahun ini tidak hanya bakal diikuti perusahaan-perusahaan yang tersebar di seantero Banyuwangi,  sejumlah perusahaan asal luar daerah, seperti Pabrik Gula Dompu, Nusa Tenggara Barat   (NTB), juga ikut.

Loading...

Pabrik gula yang satu ini menyediakan 3.000 tenaga  borong kerja dan 70 tenaga   administrasi.  Selain itu, sejumlah perusahaan asal luar daerah, seperti Jember  dan Jakarta juga bakal ikut  meramaikan job fair tahun ini.  Jenis perusahaannya beragam.

Selain pabrik gula, ajang itu juga  akan diikuti perbankan, rumah  sakit, perhotelan, industri otomotif, dan lain-lain. Alam mencontohkan, Bank  Central Asia (BCA), Tbk membuka lowongan tenaga teknisi maintenance dan operator; perusahaan  pelayaran butuh 70 tenaga kerja  untuk posisi anak buah kapal  (ABK) pesiar, dan Rumah Sakit Al-Huda butuh 105 tenaga kerja  mulai dokter, apoteker, perawat,  hingga fisioterapi.

Selain itu, juga ada lembaga pendidikan keterampilan (LPK) yang membutuhkan 520 tenaga kerja. Alam mempersilakan para pencari kerja memanfaatkan job fair tersebut. Dinsosnakertrans  juga akan membuka pelayanan pembuatan Kartu Kuning sebagai  salah satu syarat kelengkapan  lamaran kerja bagi para calon  tenaga kerja.

Para pencari kerja diingatkan agar menyiapkan  surat lamaran dan biodata.  Dinsosnakertrans optimistis  Job Fair 2016 ini akan menyerap sedikitnya 5.445 tenaga kerja. Dengan jumlah serapan sebanyak  itu, jumlah angka pengangguran  di Kabupaten Banyuwangi   otomatis berkurang.

“Job Fair  merupakan bentuk komitmen Pemkab Banyuwangi dalam menekan angka pengangguran.  Hal itu juga sebagai bentuk   keseriusan Bupati Anas memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan masyarakat yang  berminat bekerja di sektor formal. Kita berharap momentum ini dimanfaatkan sebaik mungkin  oleh para pencari kerja,” cetusnya.   (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :