Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Ratusan Hektare Lahan Tiga Gunung di Banyuwangi Habis Terbakar

Foto: Detikcom
Foto: Detikcom

BANYUWANGI – Kebakaran hutan di lereng Gunung Ranti dan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen terus meluas hingga Gunung Merapi Ungup-ungup. Total lahan yang terbakar sekitar 500 hektar lebih.

Dilansir dari Detikcom, Gunung Ranti, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dan Merapi Ungup-ungup berada di satu lokasi yang berdekatan.

“Ada dua titik bersamaan di Gunung Ranti dan TWA Kawah Ijen. Kini menyebar ke hutan konservasi Merapi Ungup-ungup, menyebar ke dalam hutan dan berbahaya,” ujar Eka Muharram, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Senin (21/10/2019).

Eka menjelaskan, cakupan yang terbakar sepanjang 2 kilometer dengan lebar 500 meter. Menurutnya bahaya mengancam jika sampai ke hutan konservasi Merapi Ungup-ungup. Karena angin besar akan membuat bara api sehingga kebakaran semakin mudah merambat.

“Jika angin semakin besar api akan merambat dari atas ke bawah lereng. Dan akan sulit dipadamkan,” imbuhnya.

Eka menyebutkan, di 3 gunung tersebut memang didominasi dengan ilalang dan pohon-pohon kayu kering yang mudah terbakar. Sehingga, alternatif penanganan kebakaran hutan itu dilakukan dengan cara mengisolir kebakaran agar tak merambat ke lokasi lain.

“Ini yang terus kita lakukan. Saat ini ada pengerahan besar petugas baik dari BPBD, TNI, Polri dan berbagai relawan bencana,” pungkasnya.

Kebakaran hutan di sekitar TWA Kawah Ijen semakin menjadi-jati. Pohon dan ilalang disekitar pintu masuk Obyek wisata yang berada di perbatasan antara Bondowoso dan Banyuwangi itu terbakar hebat.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di wilayah Widodaren, sebelah Barat Daya pintu masuk ke jalur pendakian TWA Kawah Ijen, Minggu (20/10) pagi. Namun saat sore menjelang, badai angin membuat api semakin membesar. Percikan api melompat ke lahan yang belum terbakar.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE