Rayakan HUT RI ke-71, Kades dan Staf Desa Gladag Tampil Jadi Pemain Janger

0
326

Kepala-Desa-Gladag,-Chaidir-Shidqi-(tengah)-bersama-perangkat-desa-dalam-opera-pementasan-janger-(OPJ),-Senin-lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

ROGOJAMPI – Beragam cara di-lakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Pemerintah Desa (Pemdes) Gladag, Kecamatan Rogojampi, menggelar opera pementasan janger (OPJ) di kantor desa, Senin malam lalu (22/8).

Dalam kegiatan itu,  kepala desa (Kades) beserta perangkat desa ikut aktif menjadi pemain kesenian tradisional tersebut. Ratusan warga Desa Gladag dan dari desa lain, berjubel memenuhi pendapa kantor desa untuk menyaksikan pementasan  seni Janger gratis itu.

Loading...

“ OPJ ini baru kali ini kami laksanakan, ini  semata-mata untuk menghibur masyarakat,” ujar Kades Gladag, Chaidir Shidqi.  Pementasan OPJ yang mengambil lakon Joko Umbaran Winisudo  dengan gelar Prabu Huru Bismo  Minak Jinggo, itu seperti pementasan kesenian janger beneran.

Rayakan-HUT-RI-ke-71,-Kades-dan-Staf-Desa-Gladag-Tampil-Jadi-Pemain-Janger

Kades dan para perangkat desa yang didapuk sebagai pemain, semua mengenakan kostum janger. Uniknya, dalam dialog  menggunakan bahasa Oseng.

“Selain untuk hiburan, OPJ ini  juga untuk pelestarian seni dan budaya asli Banyuwangi,” katanya seraya menyebut dalam kegiatan ini juga diserahkan hadiah bagi pemenang lomba Agustusan  tingkat desa. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :