Rp 1 Miliar untuk Debat Publik Cabup

0
676

Biaya Siarang Langsung TV

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi akan menggelar debat publik dua pasangan Cabup  Abdullah Azwar Anas-Yusuf  Widyatmoko dan Sumantri  Soedomo- Sigit Wahyu Widodo.  Walau sudah dipastikan menggelar debat publik pasangan  cabup, namun KPU tidak  kunjungan menetapkan tanggal pelaksanaan debat publik  tersebut.

Yang sudah pasti, KPU akan  melaksanakan debat publik itu  banyak tiga kali. Selain itu, KPU  juga sudah menyiapkan anggaran  Rp 1 miliar lebih untuk menyiarkan secara langsung acara debat itu melalui beberapa  stasiun televisi. Ketua Kelompok Kerja (Pokja)  Kampanye KPU Banyuwangi,  Edi Syaiful Anwar mengatakan,  pihaknya masih mematangkan persiapan pelaksanaan debat  publik tersebut.

Jika tidak ada  aral, debat publik pertama akan dilangsungkan pada pekan pertama  atau pekan kedua November  mendatang. Menurut Edi, debat terbuka antar kandidat tersebut rencananya  disiarkan oleh stasiun  televisi lokal Jatim dan televisi nasional.

“Dalam perencanaan,  dua kali debat publik disiarkan  TV lokal Jatim dan satu kali disiarkan  TV nasional,” ujarnya dikonfirmasi melalui sambungan  telepon tadi malam (11/10).  Edi menambahkan, sejauh ini sudah ada beberapa stasiun televisi banyak yang mengajukan  penawaran untuk menayangkan acara debat publik kontestan Pilbup Banyuwangi 2015.

Hanya saja, Edi menolak menyebutkan nama-nama stasiun televisi tersebut. “Tidak etis kalau menyebutkan nama stasiun televisi tersebut. Yang pasti, hingga saat ini (tadi malam),  stasiun yang akan menayangkan debat publik itu belum ditentukan,”  tuturnya.

Terkait nominal anggaran yang dialokasikan untuk kebutuhan penayangan langsung acara itu, Edi mengaku lupa detail anggarannya. “Seingat kami, debat  publik dianggarkan senilai Rp 1 miliar lebih sedikit, di bawah Rp  1,5 miliar,” pungkasnya. (radar)