Sudah Merekam Data 715 Ribu Jiwa

0
185

BANYUWANGI – Proses rekam data KTP elektronik (e-KTP) sudah mencapai sekitar 715.376 jiwa kemarin (24/7). Pencapaian angka tersebut merupakan kemajuan yang luar biasa dari beberapa bulan sebelumnya. Dengan pencapaian itu, data kependudukan warga yang berhasil direkam sudah mencapai 50 persen.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jumlah wajib KTP di Banyuwangi mencapai sekitar 1,52 juta jiwa. Keberhasilan atas capaian ter sebut bersamaan dengan datangnya tambahan 13 unit peralatan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebelumnya, Bupati Abdullah Azwar Anas mengaju kan per mohonan tambahan 14 unit alat, tapi yang dikabulkan hanya 13 unit.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi, Sudjani, melalui Kabid Administrasi Kependudukan, Eko Heru Wahyudi mengungkapkan, 13 alat tambahan itu digunakan sebagai layanan e-KTP mobile. Dengan tambahan 13 alat itu, Dis pendukcapil lebih maksimal dalam mengerahkan layanan keliling.

Hingga saat ini, ada tiga kecamatan yang hasil rekam data e-KTP masih belum maksimal, yakni Kecamatan Banyuwangi, Rogojampi, dan Muncar. “Tiga Kecamatan itu jumlah wajib KTP-nya cukup besar,” ujar Heru. Tiga kecamatan tersebut, lanjut Heru, menjadi prioritas program layanan e-KTP keliling.

Layanan ini bertujuan membantu kecamatan dalam menuntaskan rekam data e-KTP. Sementara waktu, layanan ke liling digerojok di Kecamatan Banyuwangi. Apabila Kecamatan Banyuwangi sudah tuntas, maka layanan keliling tersebut akan dikerahkan di Kecamatan Rogojampi dan Kecamatan Muncar.

Selain memaksimalkan 13 alat tambahan, Dispendukcapil juga menggunakan alat milik Kecamatan Giri, Glagah, dan Licin, sebagai alat layanan keliling. Prosesrekaman data e-KTP di tiga kecamatan itu ham pir rampung. “Satu alat kita pinjam untuk membantu kecamatan lain. Karena tinggal sedikit, di tiga kecamatan itu cukup disediakan satu alat saja,” tegasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :