Terbiasa Diberi Makan, Moyet Watudodol Makin Liar

0
3493


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Puluhan monyet kerap berkumpul di pinggir jalan tepatnya di wisata Watudodol, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Bahkan, satwa tersebut sering menyeberangi jalan untuk meminta makanan kepada pengunjung wisata Watudodol.

Seperti yang terlihat di Wana Wisata Watudodol siang kemarin (4/2/201). Binatang itu mendekat meminta makanan kepada pengunjung yang sedang makan siang di tepi jalan.

Monyet-monyet liar itu semakin berani, diduga karena sering terbiasa diberi makanan oleh pengunjung tempat wisata tersebut. Sehingga monyet tersebut semakin nakal dan terbiasa meminta jatah makanan kepada pengunjung.

Anisa Rahma, 35, pengunjung asal Bondowoso mengaku, jika monyet tersebut datang sendiri saat pengunjung sedang menyantap makanan.

“Kami tidak tega melihat monyet tersebut datang mendekat. Saat dilempari makanan monyet itu pun saling berebut makanan,” ujar Anisa.

Selain meminta makanan kepada pengunjung, monyet liar itu juga sering mencuri makanan di deretan warung tepi pantai. Para pemilik warung mengaku, bahwa monyet tersebut sering mengambil kerupuk dan botol minuman di warung

“Sering sekali membobol warung saat warung sedang dikunci. Yang dibawa lari biasanya makanan dan minumun botol yang ada di dalam warung,” ujar Pipit, 30, salah satu pemilik warung di Pantai Watudodol.

Kepala resort konservasi wilayah XIV, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi, Vivi Primayanti mengatakan, kebiasaan pengunjung memberi makanan kepada kawanan monyet tersebut menjadikan primata itu semakin suka mencuri.

Kami juga mendapatkan informasi, jika tidak ada pengunjung yang memberi makanan, kawanan satwa liar itu masuk warung. Mereka mencuri apa saja yang bisa dimakan di dalam warung.

“Kami akan segera memberi tanda larangan untuk pengunjung agar tidak memberi makanan kepada monyet tersebut. Mereka nakal karena ulah manusia itu sendiri sebab sering diberi makanan. Padahal seharusnya monyet akan menjauh apabila bertemu dengan manusia sesuai dengan sifat keliarannya,” tandas Vivi.

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :