Utamakan Persatuan di Tengah Perbedaan

0
531

BANYUWANGI – Ribuan warga Muhammadiyah melaksanakan salat ldul Adha lebih awal. Di pusat kota Banyuwangi ribuan jamaah mengelar salat Id di Taman Blambangan. Umat muslim Muhammadiyah mulai memadati area tersebut sejak pukul 05.00.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salat ld dilaksanakan tepat pukul 06.00. Sebelum dimulai, panitia meminta pengatur saf menyiapkan fommasi jamaah. Setelah dirasa siap, pengatur saf memberi aba-aba dengan mengacungkan bendera hijau kepada imam.

Mereka tampak khusyuk melaksanakan salat di tengah hingar-bingar kendaraan pagi hari. Usai salat, khotbah disampaikan khatib Mukhlis Lakhudin. Dalam khotbahnya, khatib dari jember itu mengajak jamaah yang hadir mengambil pelajaran dari napak tilas perjalanan haji mulai Tarwiyah hingga Arafah.

Mukhlis mengungkapkan, banyak teladan yang bisa ditiru dalam perjalanan haji, terutama terkait persiapan. “Apa pun yang kita lakukan harus memiliki persiapan. Dalam segala aspek kehidupan yang menyangkut rencana-rencana harus dipersiapkan matang,” ujarnya.

Loading...

Dosen Universitas Muhammadiyah Jember tersebut mengingatkan agar umat tetap mengutamakan persatuan di tengah perbedaan. Menurutnya, perbedaan waktu pelaksanaan yang berselang sehari itu tidak menjadi masalah.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2