Warga Sambut Bulan Suro dengan selamatan

0
170

wargasambutROGOJAMPI – Pergantian tahun baru Hijriah atau dalam kalender Jawa disebut bulan suro. Di beberapa tempat bulan suro menjadi ajang syukuran untuk menggelar selamatan kampung. Seperti yang terlihat di Kampung Candian Desa/Kecamatan Rogojampi, Sabtu malam (1/11). Puluhan warga berkumpul di jalan desa setempat, untuk selanjutnya mereka melakukan ider bumi atau berjalan keliling kampung.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sembari berjalan tersebut, warga kompak membaca kalimat Thoyibah, istighfar memohon ampun kepada Allah Swt. Selama ider bumi tersebut, sejumlah anak-anak membawa obor sebagai penerangan. Hamzah salah seorang warga mengaku, selamatan kampung tersebut rutin dilaksanakan tiap tahun dibulan Muharam atau bulan syura dalam kalender Jawa. Dimaksudkan, agar tahun baru ini warga di kampungnya diberikan berkah dan keselamatan oleh Allah SWT. 

Loading...

Selamatan kampung ini juga sekaligus sebagai media silaturahim untuk menjaga kerukunan antar warga kampung,” katanya Warga kampung yang hadir dalam selamatan tersebut di wajibkan satu sama lain saling bersalaman dan bermaafan. Agar tidak ada lagi warga kampung yang tidak saling bertegur sapa antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, warga kampung akan bersatu guna mewujudkan pembangunan kampung dan lingkungan setempat.

Usai ider bumi, tasyakuran ditutup dengan membaca tahlil dan doa bersama yang dipimpin ulama setempat. Kemudian warga menyantap makanan- makanan, tumpeng yang sudah dikumpulkan oleh masyarakat. anak-anak, dan orang tua bercampur rnenikmati hidangan tersebut di tengah jalan desa. ” Ini wujud rasa syukur kami setelah satu tahun, diberikan kesehatan dan bertemu kembali dengan tahun baru islam,” pungkas Imam Bukhori salah satu warga lain.(radar)

Loading...