Pagi Ini Rute Ketapang-Gilimanuk Aktif Lagi

0
218

Empat Kantong Parkir Melompong

KALIPURO – Setelah distop sementara  selama kurang lebih 30 jam untuk menghormati peringatan Hari Raya  yepi di Bali, jasa pelayaran di Selat Bali akhirnya dioperasikan  kembali. Jadwal pemberangkatan pertama di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk mulai  dilakukan sejak pagi tadi pukul 05.00 WITA atau pukul 04.00 WIB.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi sore kemarin, selama pelabuhan ditutup tidak terjadi  penumpukan yang berarti, baik penumpang  maupun kendaraan di dalam pelabuhan. Hanya ada beberapa sap truk  dan bus saja yang terlihat sudah mengantre paling depan untuk  menunggu jadwal dibukanya pelabuhan pagi tadi.

Empat kantong parkir yang disediakan untuk mengantisipasi lonjakan  kendaraan saat pelabuhan ditutup siang hingga sore kemarin juga tampak kosong melompong.  Tampaknya para pengendara motor maupun para sopir sudah hafal dengan moment Nyepi  seperti ini.

Kemungkinan para  sopir lebih baik menunggu di  rumah dan tidak berangkat kerja dari pada harus antre di sekitar pelabuhan. Jika siangnya suasana pelabuhan kosong melompong, hal ini berbanding terbalik saat malam hari. Tampak terlihat kendaraan  kecil, truk maupun sepeda motor  mulai banyak yang mengalir menuju Pelabuhan Ketapang  untuk menuju Pulau Bali.

Kedatangan para pengendara ke pelabuhan lebih awal itu dilakukan agar tidak terhindar macet yang bisa saja terjadi jelang dibukanya pelabuhan. Sementara itu, jelang dibukanya  pelabuhan Ketapang menuju  Gilimanuk kemarin tampak  petugas gabungan TNI/Polri dan instansi lainnya juga tampak  masih siaga di dalam maupun  luar pelabuhan.

Loading...

Khusus untuk personel Sabhara dan Satlantas Polres Banyuwangi tampak siaga penuh di depan pintu masuk pelabuhan untuk memeriksa surat maupun isi kendaraan yang  memilih mengantre di dalam  pelabuhan saat jalur pelayaran masih ditutup kemarin.

Meski pelabuhan sudah dibuka  kembali sejak saat ini, namun  sebanyak 404 petugas gabungan  tetap terus siaga hingga Jumat  (31/3), mendatang. Hal ini dilakukan agar keamanan dan kelancaran lalu lintas di jalan menuju Pelabuhan Ketapang pasca ditutup benar-benar tetap kondusif dan tidak terjadi masalah. “Pasukan dan kendaraan tetap  siaga untuk membantu kelancaran  lalu lintas dari Bali ke Jawa atau  sebaliknya,” ujar Wakapolres Banyuwangi, Kompol Muhammad  Yusuf Usman.

Seperti diberitakan sebelumnya, General Manajer (GM) PT. Indonesia Ferry (Persero)  ASDP Ketapang, M. Yusuf Hadi  mengatakan Pelabuhan Ketapang akan ditutup sejak pukul  23.00 WIB Selasa (27/3). Sementara untuk Pelabuhan Gilimanuk diketahui baru mulai ditutup sejak pukul 05.30 WITA, Rabu  (28/3), lalu.

Setelah Hari Raya Nyepi selesai, penyeberangan dibuka kembali. Sesuai jadwal, penyeberangan Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk akan dibuka  kembali pada pukul 04.00 WIB atau 05.00 WITA pagi tadi. ”Pemberangkatan kapal pertama yang hendak melintasi Selat Bali akan disesuaikan waktunya. Ada 42 kapal kami siagakan di dermaga MB dan LCM,” jelas  M. Yusuf Hadi. (radar)

loading...

Kata kunci yang digunakan :