Ada Bekas Jeratan, Mayat yang Ditemukan di Kebun Tebu Banyuwangi Korban Pembunuhan

  • Bagikan
Foto : nusadaily.com

Mayat manusia yang ditemukan di perkebunan tebu petak 19 Afdeling Sidodadi kebun Kalirejo, Banyuwangi dipastikan korban pembunuhan. Hal ini berdasarkan hasil autopsi, di mana ditemukan bekas jeratan di leher korban yang diketahui berjenis kelamin laki-laki itu.

Kepala Instalasi Kamar Jenazah RSUD Blambangan, dr Solakhudin menyatakan usia korban diperkirakan berusia lebih dari 50 tahun dan sudah meninggal dunia sejak dua bulan yang lalu.

“Secara umum kondisi jenazah sudah membusuk. Sudah tinggal tulang belulang atau kerangka. Diduga mayat itu meninggal 2 bulan lalu,” jelas dr Solakhudin, Selasa (26/10).

Dari hasil autopsi diketahui terdapat bekas luka memar pada tulang tengkorak bagian kanan atas dan kiri atas. Selain itu juga ditemukan dua lilitan atau jeratan yang berasal dari kabel yang melingkar di leher korban.

Jeratan pertama, kunci simpulnya ada 3 buah lilitan, yang terletak di leher sebelah kiri. “Saat dilakukan autopsi, kabel masih terlilit di leher korban yang sudah tinggal tulang.

Jeratan yang kedua simpulnya satu dililitkan pada daerah leher belakang. Kabelnya sudah dibawa penyidik,” ungkapnya.

Untuk penyebab kematiannya, tambah Solakhudin, dikarenakan kekurangan oksigen akibat adanya obstruksi atau hambatan pada leher.

Ini terjadi akibat adanya trauma atau jeratan pada bagian leher korban.

Polisi Pastikan Korban Pembunuhan

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP Mustijat Priyambodo memastikan mayat yang sudah menjadi kerangka tersebut merupakan korban pembunuhan.

“Dugaan sementara pembunuhan. Karena hasil autopsi ada beberapa kejanggalan,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya tengah berupaya untuk mencari barang bukti secara maksimal, untuk mengungkap kasus dugaan pembunuhan ini. “Olah TKP ini bagian dari upaya penyelidikan yang kami lakukan. Ini dilakukan olah TKP ulang untuk mencari barang bukti yang lain,” terangnya

Di sisi lain, tambah Mustijat, identitas korban sampai saat ini masih belum jelas. Oleh karenanya, pihaknya tengah mengerahkan Anggota Resmob Polresta Banyuwangi untuk mencari identitas korban.

Dia mengimbau, masyarakat yang merasa kehilangan keluarga agar segera melapor. Masyarakat bisa melapor pada aparat terdekat, termasuk kepada Bhabinkamtibmas.

Mustijat menambahkan, karena identitas korban hingga saat ini belum jelas, pihaknya fokus untuk mencari identitas korban. Anggota Resmob Polresta Banyuwangi dikerahkan untuk mencari identitas korban.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang kehilangan keluarga agar segera melapor kepada aparat kepolisian terdekat, termasuk Bhabinkamtibmas,” imbuhnya. (ozi/aka)

Sumber : https://nusadaily.com/news/regional/ada-bekas-jeratan-mayat-yang-ditemukan-di-kebun-tebu-banyuwangi-korban-pembunuhan.html

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: