Baznas Bantu Korban Banjir Muncar

0
83

Ketua-Baznas,-Samsudin-Adlawi-bersama-Bupati-Anas-menyerahkan-bantuan-kepada-Angga-Pradika,-anak-korban-banjir.

MUNCAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyuwangi bergerak cepat menyikapi musibah banjir yang melanda Kecamatan Muncar. Sehari pasca kejadian yang merenggut satu korban jiwa tersebut, lima komisioner plus sekretaris Baznas terjun langsung ke lapangan dan menyalurkan santunan kepada keluarga korban kemarin (9/6).

Santunan uang tunai senilai Rp 2 juta diberikan kepada Rohani Hidayat, 53, warga Dusun Krajan, Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar. Rohani merupakan suami korban meninggal dunia dalam musibah banjir yang melanda Muncar pada Rabu lalu (8/ 6).

Selain menyalurkan santunan uang tunai. Baznas juga berkomitmen memberikan bantuan kursi roda kepada Robani yang menderita kelumpuhan sejak sekitar delapan bulan terakhir. Selain itu, Baznas juga berkomitmen memberikan bantuan kursi roda kepada anak sulung Rohani yang juga mengalami kelumpuhan.

Bukan itu saja, saat ke Muncar kemarin Baznas juga memberikan bantuan kepada korban yang rumahnya roboh akibat banjir. Nominal bantuan yang  diberikan senilai Rp 2 juta. Ketua Komisioner Bzanas Banyuwangi, Samsudin Adlawi, mengatakan sudah menjadi tugas Baznas menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam kondisi darurat seperti itu.

“Tentu saja bantuannya tidak langsung dipenuhi seluruhnya. Bantuan diberikan semampu dan sesuai yang ditentukan Baznas. Yang penting, bantuan yang diberikan bisa membantu dalam keadaan darurat. Selanjutnya, pemkab yang akan memberikan bantuan,” ujarnya.

Samsudm menambahkan pihak Baznas juga menytujui permohonan bantuan kursi roda untuk Rohani dan satu anaknya yang mengalami kelumpuhan. “Insya-Allah secepatnya kita beri bantuan kursi roda dua karena kita harus beli dahulu,” tutur pria yang tidak mau menerima gaji dari jabatannya sebagai komisioner Bazbas tersebut.

Selain memberikan bantuan peduli korban banjir Muncar, mulai kemarin Baznas juga membagikan bantuan paket sembako kepada warga yang membutuhkan di seantero Banyuwangi. Tidak tanggung-tanggung, paket sembako yang dibagikan mencapai 1.475 paket dengan nilai total Rp 514,5 juta.

Pembelian paket sembako itu dilakukan dengan dana yang berhasil dikumpulkan Baznas Banyuwangi. Sementara itu, Rohani Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Baznas yang telah memberikan santunan uang tunai kepada keluarganya.

“Saya juga berterima kasih kepada Baznas karena sudah bersedia memberikan bantuan kursi roda kepada saya dan anak saya,” kata dia. Robani mengaku dirinya menderita stroke sejak delapan bulan lalu. Akibat stroke tersebut, dia menderita kelumpuhan.

Sejak mengalami kelumpuhan, Robani memanfaatkan kursi kayu yang dimodifikasi dengan roda kecil berbahan plastik. “Dengan kursi ini saya bisa ke kamar mandi sendiri. Tetapi, saya tidak bisa keluar rumah karena jalan tanah. Jika sudah ada kursi roda yang baik, saya bisa lebih mandiri,” pungkasnya. (radar)

Loading...